KEEFEKTIFAN MEDIA ULAR TANGGA DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI MEJASEM TIMUR 02 KABUPATEN TEGAL


Kurniasih , 1401415313 (2019) KEEFEKTIFAN MEDIA ULAR TANGGA DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI MEJASEM TIMUR 02 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MEDIA ULAR TANGGA DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI MEJASEM TIMUR 02 KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MEDIA ULAR TANGGA DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI MEJASEM TIMUR 02 KABUPATEN TEGAL) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor kurang berhasilnya proses pembelajaran IPS adalah guru masih kurang inovatif dalam menggunakan media pembelajaran, sehingga siswa merasa bosan dan kurang tertarik dengan pembelajaran IPS. Dengan media ular tangga, pesan yang disampaikan dengan permainan akan lebih menarik perhatian, karena inilah faktor penting dalam proses belajar, sehingga dengan perhatian akan timbul rangsangan belajar. Tujuan penelitian, yaitu untuk menguji keefektifan media ular tangga ditinjau dari minat dan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Mejasem Timur 02 Kabupaten Tegal. Desain penelitian menggunakan Quasi Experimental dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi adalah siswa kelas V SD Negeri Mejasem Timur 02 Kabupaten Tegal berjumlah 42 siswa terdiri dari 22 siswa kelas eksperimen dan 20 siswa kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara untuk mengetahui data awal siswa, observasi digunakan untuk memeroleh data penggunaan media ular tangga dalam pembelajaran, tes untuk mendapatkan data hasil belajar siswa, angket untuk mendapatkan data minat belajar siswa. Analisis statistik yang digunakan yaitu korelasi product moment untuk uji validitas dan cronbach’s alpha untuk uji reliabilitas instrumen. Metode lilliefors untuk menguji normalitas data, levene’s test untuk uji homogenitas, dan t test untuk uji hipotesis. Hasil uji hipotesis perbedaan data minat belajar menggunakan independent samples t test menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel (2,337 > 2,021) dan pada hasil belajar diperoleh thitung > ttabel (2,463 > 2,021).Perhitungan uji lebih baik pada minat belajar siswa menggunakan rumus empiris menunjukan bahwa selisih nilai rata-rata pada kelas eksperimen > kelas kontrol (17 > 12) dan pada hasil belajar siswa kelas eksperimen > kelas kontrol (31 > 28). Hasil uji keefektifan data minat belajar menggunakan one samples t test diperoleh thitung > ttabel (3,541 > 2,080) dan pada hasil belajar diperolehthitung > ttabel (4,152 > 2,080). Simpulan yaitu,penerapan media ular tangga terbukti efektif ditinjau dari minat dan hasil belajar siswa daripada gambar. Disarankan guru dapat memberikan penghargaan sejak awal pembelajaran tentang konsekuensi yang telah disepakati antara guru dan siswa pada proses permainan ular tangga, sehingga siswa dapat berkompetensi secara sehat antar kelompok dan menciptakan keaktifan dalam proses pembelajaran serta tidak terjadi kegaduhan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Media Ular Tangga; Minat Belajar; Pembelajaran IPS.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 22 Jan 2020 20:32
Last Modified: 22 Jan 2020 20:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34687

Actions (login required)

View Item View Item