KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VI SD GUGUS KANTHIL KECAMATAN PEJAGOAN KABUPATEN KEBUMEN
Ayu Apriani , 1401415300 (2019) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VI SD GUGUS KANTHIL KECAMATAN PEJAGOAN KABUPATEN KEBUMEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VI SD GUGUS KANTHIL KECAMATAN PEJAGOAN KABUPATEN KEBUMEN)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan pembelajaran IPS yang belum optimal, berupa penerapan model dan media pembelajaran yang kurang variatif dan kurang menarik perhatian siswa karena belum memanfaatkan sarana LCD di sekolah, luasnya cakupan materi IPS menimbulkan anak kesulitan memahami dan mengingat materi sehingga hasil belajarnya rendah, sebanyak 121 siswa kelas VI di Gugus Kanthil, 53 siswa (43,8%) belum mampu mencapai KKM yaitu 75. Pembelajaran dengan menerapkan model mind mapping berbantuan media audio visual dapat memberikan kebebasan kepada siswa untuk mengembangkan ide dalam bentuk peta pikiran. Tujuan penelitian ini yaitu menguji keefektifan model pembelajaran Mind Mapping berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar IPS dan mendeskripsikan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS materi globalisasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Gugus Kanthil Kecamatan Pejagoan Kabupaten Kebumen dan yang menjadi sampel adalah siswa kelas VI SDN 2 Kuwayuhan sebagai kelas eksperimen dan kelas VI SDN 4 Kuwayuhan sebagai kelas kontrol dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Tes hasil belajar yang digunakan berupa pretest dan posttest yang berbentuk pilihan ganda dan uraian. Analisis data yang digunakan yaitu uji hipotesis, uji gain, dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Mind Mapping berbantuan media audio visual efektif digunakan pada pembelajaran IPS materi globalisasi. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung 2,421 adalah, sedangkan nilai ttabel yaitu 2,017. thitung lebih besar dari ttabel (2,421 ˃ 2,017) yang berarti model pembelajaran Mind Mapping berbantuan media audio visual lebih efektif terhadap hasil belajar IPS materi globalisasi. Hasil uji n-gain kelas eksperimen lebih tinggi yaitu nilai n-gain kelas kontrol adalah 0,207 tergolong rendah sedangkan nilai ngain kelas eksperimen adalah 0,412 tergolong kriteria sedang. Pengamatan aktivitas siswa dengan lembar observasi menunjukkan rata-rata aktivitas siswa kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 84% dibandingkan kelas kontrol yaitu 71%. Simpulan penelitian ini yaitu pembelajaran Mind Mapping berbantuan media audio visual efektif digunakan pada pembelajaran IPS materi globalisasi dan meningkatkan aktivitas siswa. Saran dalam menerapkan model mind mapping berbantuan media audio visual yaitu perlunya memperhatikan media dan serta menyiapkan siswa agar pembelajaran berjalan efektif dan efisien.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | audio visual; hasil belajar; IPS; keefektifan; mind mapping |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 22 Jan 2020 20:23 |
Last Modified: | 22 Jan 2020 20:23 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34685 |
Actions (login required)
View Item |