KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS CENDANA KECAMATAN BLORA KABUPATEN BLORA


Andri Hapsari , 1401415299 (2019) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS CENDANA KECAMATAN BLORA KABUPATEN BLORA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS CENDANA KECAMATAN BLORA KABUPATEN BLORA]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS CENDANA KECAMATAN BLORA KABUPATEN BLORA) - Published Version
Download (790kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian adalah proses pelaksanaan pembelajaran IPS masih kurang optimal. Berdasarkan hasil dokumentasi dari jumlah seluruh siswa kelas IV SDN Gugus Cendana Blora yaitu 115 siswa, terdapat 61 siswa (53%) yang nilainya masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan sisanya 54 siswa (47%) sudah diatas KKM. Faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar IPS adalah model pembelajaran yang digunakan selama ini belum efektif. Tujuan penelitian ini yaitu menguji keefektifan model pembelajaran Picture and Picture terhadap hasil belajar IPS materi keragaman suku bangsa dan budaya dan mendeskripsikan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS materi keragaman suku bangsa dan budaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental atau eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gugus Cendana Blora, dan yang menjadi sampel adalah siswa kelas IV SDN 1 Tegalgunung sebagai kelas eksperimen dan kelas IV SDN 1 Karangjati sebagai kelas kontrol dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu uji hipotesis, uji gain, dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Picture and Picture efektif digunakan pada pembelajaran IPS materi keragaman suku bangsa dan budaya. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung adalah 4,153, sedangkan nilai ttabel yaitu 2,036. thitung lebih besar dari ttabel (4,153 ˃ 2,036) yang berarti model pembelajaran Picture and Picture lebih efektif terhadap hasil belajar IPS materi keragaman suku bangsa dan budaya. Hasil uji n-gain kelas eksperimen lebih tinggi yaitu nilai n-gain kelas kontrol adalah 0,2604 tergolong kriteria rendah sedangkan nilai n-gain kelas eksperimen adalah 0,5481 tergolong kriteria sedang. Pengamatan aktivitas siswa dengan lembar observasi menunjukkan rata-rata aktivitas siswa kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 77% dibandingkan kelas kontrol yaitu 60%. Simpulan penelitian ini yaitu model pembelajaran Picture and Picture lebih efektif dari model konvensional terhadap hasil belajar muatan IPS materi keragaman suku bangsa dan budaya pada siswa kelas IV SDN di Gugus Cendana Kecamatan Blora Kabupaten Blora. Saran yang disampaikan yaitu guru hendaknya menjadikan model ini sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang bisa diterapkan dikelas sesuai dengan topik dan konten pembelajaran tertentu yang relevan dengan kondisi siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: IPS; picture and picture; keefektifan; hasil belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 22 Jan 2020 20:20
Last Modified: 22 Jan 2020 20:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34684

Actions (login required)

View Item View Item