PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS JOOMLA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI TEKS FIKSI SISWA KELAS IV SDN PURWOYOSO 02 SEMARANG
Galih Ardhi Nugroho , 1401415297 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS JOOMLA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI TEKS FIKSI SISWA KELAS IV SDN PURWOYOSO 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS JOOMLA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI TEKS FIKSI SISWA KELAS IV SDN PURWOYOSO 02 SEMARANG)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Standar Kompetensi muatan pembelajaran Bahasa Indonesia yaitumenekankan pada kemampuan minimal siswa yang berkaitan dengan keterampilan berbahasa, karakter positif terhadap bahasa dan sastra Indonesia serta penguasaan pengetahuan. Standar kompetensi ini menjadi tumpuan bagi peserta didik untuk mengetahui dan merespon situasi ranah lokal, regional, nasional, dan global.Berdasarkan aktivitas pra riset melalui observasi dan wawancara yang peneliti lakukan di Sekolah Dasar Negeri Purwoyoso 02 diperoleh beberapa masalah. Masalah yang ditemukan yaitu mengenai keterbatasan penggunaan media yang menyebabkan kurangnya motivasi siswa dalam memaksimalkan hasil belajarnya. Akibatnya ada beberapa siswa kelas IV yang mempunyai nilai kurang dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dalam muatan Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berbasis joomla untuk meningkatkan hasil belajar materi teks fiksi pada siswa kelas IV SDN Purwoyoso 02 Kota Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Purwoyoso 02 Semarang. Penelitian pengembangan ini dilakukan melalui beberapa tahap model pengembangan ADDIE. Pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara, dokumen dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis data awal, uji hipotesis dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan: 1) adanya peningkatan n-gainsebesar 0,44 dengan kategori sedang; 2) penilaian ahli materi sebesar 80% (layak) dan ahli media sebesar 80% (layak); 3) adanya peningkatan hasil belajar kognitif dari rata-rata pre-test 65,6 menjadi 80,8 pada rata-rata post-test. Dari hasil tersebut, bisa disimpulkan bahwa: (1) Pengembangan media pembelajaran berbasis Joomla sudah memenuhi kriteria sebagai media pembelajaran yang efektif; (2) Media pembelajaran berbasis Joomla layak digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia; (3) Media pembelajaran berbasis Joomla efektif digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media berbasis Joomla layak dan efektif diterapkan dalam pembelajaran siswa kelas IV SDN Purwoyoso 02 Semarang. Saran penelitian selanjutnya dapat menerapkan media pembelajaran berbasis joomlapada pembelajaran lain dengan menyesuaikan isi materi yang akan diajarkan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar; Joomla; Teks Fiksi |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 22 Jan 2020 20:16 |
Last Modified: | 22 Jan 2020 20:16 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34683 |
Actions (login required)
View Item |