PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI GAME BERBASIS APLIKASI DENGAN MODEL TGT PADA MUATAN IPS KELAS V SDN KALIBANTENG KULON 02 SEMARANG


Ajeng Sulistyoningrum , 1401415296 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI GAME BERBASIS APLIKASI DENGAN MODEL TGT PADA MUATAN IPS KELAS V SDN KALIBANTENG KULON 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI GAME BERBASIS APLIKASI DENGAN MODEL TGT PADA MUATAN IPS KELAS V SDN KALIBANTENG KULON 02 SEMARANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI GAME BERBASIS APLIKASI DENGAN MODEL TGT PADA MUATAN IPS KELAS V SDN KALIBANTENG KULON 02 SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar muatan IPS siswa kelas V SDN Kalibanteng Kulon 02 Kota Semarang yang belum optimal. Materi pada muatan IPS yang relatif banyak menuntut siswa untuk memahami materi secara mendalam dan guru belum sepenuhnya menerapkan pembelajaran menggunakan model pembelajaran inovatif. Permasalahan tersebut membuat siswa cenderung kurang kreatif dalam belajar dan sulit memahami materi yang disampaikan, sehingga perlu adanya perlakuan yaitu dengan mengembangkan media pembelajaran monopoli game berbasis aplikasi dengan model TGT, karena media dan model tersebut memungkinkan siswa untuk menguasai dan memahami materi yang banyak dengan cara yang kreatif dan menyenangkan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengkaji tentang pengembangan media pembelajaran monopoli game berbasis aplikasi dengan model tgt pada muatan IPS kelas V SDN Kalibanteng Kulon 02 Semarang. Jenis penelitan ini adalah penelitian research and development dengan melibatkan sampel sebanyak 38 siswa kelas V dari SDN Kalibanteng Kulon 02 . Pengumpulan data yang di butuhkan menggunakan tes, observasi, wawancara, angket, dan studi dokumenter. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis, meliputi uji normalitas dan homogenitas data, selanjutnya analisis akhir menggunakan uji t, dan n gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil uji perbedaan rata-rata diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,000. Nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000<0,05, dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat perbedaan secara signifikan antara hasil belajar IPS matei perjuangan bangsa Indonesia sebelum menggunakan media monopoli game dan sesudah menggunakan monopoli game berbasis aplikasi.Kemudian terdapat peningkatan rata-rata pad hasil pretest dan posttest siwa peningkatan rata-rata (gain) data pretest dan posttest sebersar 0.335347432. Simpulan dari penelitian ini adalah media monopoli game efektif dan layak digunakan sebagai media pembelajaran yang inovatif dan kreatif. Saran bagi pihak sekolah yaitu pihak sekolah sebaiknya mendukung adanya penerapan media pembelajaran inovatif di lembaganya. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan alternatif pemilihan model pembelajaran yang dapat menciptakan suasana belajar yang menarik, dengan demikian siswa akan antusias dalam kegiatan pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, IPS SD, Media Monopoli Game
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 22 Jan 2020 20:09
Last Modified: 22 Jan 2020 20:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34682

Actions (login required)

View Item View Item