KEEFEKTIFAN MEDIA WAYANG TOKOH DALAM PEMBELAJARAN CERITA PENDEK DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI HARJOSARI LOR 2 KABUPATEN TEGAL


Agung Putra Buana , 1401415291 (2019) KEEFEKTIFAN MEDIA WAYANG TOKOH DALAM PEMBELAJARAN CERITA PENDEK DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI HARJOSARI LOR 2 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MEDIA WAYANG TOKOH DALAM PEMBELAJARAN CERITA PENDEK DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI HARJOSARI LOR 2 KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MEDIA WAYANG TOKOH DALAM PEMBELAJARAN CERITA PENDEK DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI HARJOSARI LOR 2 KABUPATEN TEGAL) - Published Version
Download (498kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia khususnya keterampilan menyimak cerita pendek pada umumnya pembelajaran masih menggunakan media pembelajaran konvensional atau bahkan tidak menggunakan media. Berdasarkan hal tersebut, guru perlu memberikan adanya sebuah inovasi dalam kegiatan pembelajaran dengan menggunakan sebuah media pembelajaran. Salah satu media yang sesuai dengan materi menyimak cerita pendek adalah media pembelajaran wayang tokoh. Tujuan penelitian ini untuk menguji keefektifan media pembelajaran wayang tokoh dilihat dari minat dan hasil belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri Harjosari Lor 02 kabupaten Tegal, terutama pada materi cerita pendek. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Harjosari Lor 02 dan SD Negeri Harjosari Lor 05 Kabupaten Tegal. Sampel pada penelitian ini menggunakan semua anggota populasi atau yang disebut teknik sampling jenuh. Anggota populasi berjumlah 49 siswa yang terdiri dari 22 siswa kelas V SD Negeri Harjosari Lor 02 dan 27 siswa kelas V SD Negeri Harjosari Lor 05. Variabel bebas penelitian ini yaitu media pembelajaran wayang tokoh sedangkan variabel terikatnya yaitu minat dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara tidak terstruktur, dokumentasi, observasi, tes, angket. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu pedoman wawancara tidak terstruktur, dokumentasi, lembar pengamatan observasi, soal tes, dan angket. Analisis data pada penelitian ini meliputi deskripsi data, uji prasyarat analisis, dan analisis akhir. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji independent sample t test, data minat belajar siswa menunjukkan bahwa -thitung < -ttabel (-2,994 < -2,012). Sementara itu, data hasil belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (2,772 > 2,012), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan minat dan hasil belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas V materi menyimak cerita pendek antara yang proses pembelajarannya menggunakan media wayang tokoh dengan yang menggunakan media gambar. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji one sample t test, data minat belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (3,406 > 2,012). Hasil uji hipotesis hasil belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (2,849 > 2,012). Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran wayang tokoh efektif dilihat dari minat dan hasil belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas V materi menyimak cerita pendek. Saran peneliti bagi guru yaitu diharapkan guru dapat menerapkan media wayang tokoh dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada materi menyimak cerita pendek.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, media wayang tokoh, minat belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 22 Jan 2020 19:58
Last Modified: 22 Jan 2020 19:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34679

Actions (login required)

View Item View Item