KEEFEKTIFAN PENERAPAN MEDIA PREZI DESKTOP DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI SIDAPURNA 02 KABUPATEN TEGAL
Imam Faiz Septian , 1401415288 (2019) KEEFEKTIFAN PENERAPAN MEDIA PREZI DESKTOP DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI SIDAPURNA 02 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN PENERAPAN MEDIA PREZI DESKTOP DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI SIDAPURNA 02 KABUPATEN TEGAL)
- Published Version
Download (764kB) | Preview |
Abstract
Salah satu faktor kurang maksimalnya proses pembelajaran IPS adalah guru kurang inovatif dalam menerapkan media pembelajaran, sehingga siswa merasa bosan dan kurang tertarik mengikuti pembelajaran IPS. Melalui media prezi desktop, pesan yang disampaikan dengan fitur zoom in dan zoom out dalam tampilan slide serta dilengkapi dengan fitur tambahan seperti teks, gambar, video, dan presentasi lainnya akan lebih menarik perhatian siswa dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis dan mendeskripsikan keefektifan media prezi desktop ditinjau dari minat dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi persiapan kemerdekaan Indonesia dan perumusan dasar negara di kelas V SD Negeri Sidapurna 02 Kabupaten Tegal. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan yaitu Quasi Experimental dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Sidapurna 02 Kabupaten Tegal tahun ajaran 2018/2019 sejumlah 41 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, observasi, angket, dan tes. Teknis analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis, meliputi uji normalitas dan homogenitas, serta analisis akhir berupa pengujian hipotesis yaitu uji perbedaan menggunakan independent sample t test dan uji keefektifan menggunakan one sample t test. Hasil uji hipotesis perbedaan minat belajar menggunakan Independent Samples t-test menunjukkan thitung > ttabel (4,252 > 2,023), sehingga H01 ditolak. sedangkan uji keefektifan ditinjau dari minat belajar menggunakan uji One Sample t-test menunjukkan nilai thitung > ttabel (5,580 > 2,086), sehingga H01 ditolak. Hasil uji hipotesis perbedaan hasil belajar menggunakan Independent Samples t-test menunjukkan thitung > ttabel (2,700 > 2,023), sehingga H01 ditolak. sedangkan uji keefektifan ditinjau dari hasil belajar menggunakan uji One Sample t-test menunjukkan nilai thitung > ttabel (3,331 > 2,086), sehingga H01 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa penerapan media prezi desktop efektif ditinjau dari minat dan hasil belajar IPS materi persiapan kemerdekaan Indonesia dan perumusan dasar negara pada siswa kelas V.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Media Prezi Desktop, dan Minat Belajar. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 22 Jan 2020 19:52 |
Last Modified: | 22 Jan 2020 19:52 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34678 |
Actions (login required)
View Item |