PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL RADARI DENGAN MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) MUPEL IPS KELAS IVC SDN PETOMPON 02 SEMARANG


Mertha Ayuningtyas , 1401415286 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL RADARI DENGAN MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) MUPEL IPS KELAS IVC SDN PETOMPON 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL RADARI DENGAN MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) MUPEL IPS KELAS IVC SDN PETOMPON 02 SEMARANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL RADARI DENGAN MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) MUPEL IPS KELAS IVC SDN PETOMPON 02 SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPS merupakan mata pelajaran wajib yang memiliki tujuan untuk menjadikan siswa sebagai earga yang baik bagi bangsa dan negara. Berdasarkan data pra penelitian yang dilakukan peneliti di SD Negeri Petompon 02 Semarang melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, menunjukkan bahwa terdapat permasalahan dalam pembelajaran IPS terkait penggunaan media pembelajaran dan model pembelajaran yang kurang optimal dan variatif. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti mengembangkan media komik digital Radari dengan model group investigation. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan desain media pembelajaran, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan media pembelajaran komik digital Radari dengan model Group Investigation (GI) pada mupel IPS. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan mengacu pada teori Borg dan Gall dengan langkah-langkah yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desai, uji coba produk, revisi produk dan uji coba pemakaian. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pre-test post-test. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IVC SD Negeri Petompon 02 Semarang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah uji normalitas, uji t-test dan uji peningkatan rata-rata (gain). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran komik digital Radari dengan model GI pada mupel IPS sangat layak digunakan dalam pembelajaran berdasar hasil presentase penilaian ahli materi sebesar 92%, ahli media sebesar 94%, dan ahli praktisi sebesar 92%. Selain itu media pembelajaran komik digital Radari dengan model GI efektif digunakan dalam pembelajaran dengan hasil perhitungan uji t diperoleh thitung = 10,478 > ttabel = 2,030 , maka Ha diterima. Hasil uji peningkatan rata-rata (gain) sebesar 0,392 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah media pembelajaran komik digital Radari dengan model GI sangat layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran mupel IPS materi keragaman rumah adat di Indonesia. Saran agar pembelajaran mupel IPS menggunakan media pembelajaran interaktif seperti komik digital Radari yang didukung dengan model pembelajaran yang inovatif salah satunya GI pembelajaran media pembelajaran komik digital Radari dengan model GI.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran komik digital Radari; mupel IPS; Group Investigation
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 22 Jan 2020 19:45
Last Modified: 22 Jan 2020 19:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34677

Actions (login required)

View Item View Item