PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD BERBANTUAN BOARD GAME TERHADAP HASIL BELAJAR MENENTUKAN IDE POKOK PARAGRAF SISWA KELAS IVA SDN PETOMPON 02


Ifada Khoirin Nisa , 1401415282 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD BERBANTUAN BOARD GAME TERHADAP HASIL BELAJAR MENENTUKAN IDE POKOK PARAGRAF SISWA KELAS IVA SDN PETOMPON 02. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD BERBANTUAN BOARD GAME TERHADAP HASIL BELAJAR MENENTUKAN IDE POKOK PARAGRAF SISWA KELAS IVA SDN PETOMPON 02]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD BERBANTUAN BOARD GAME TERHADAP HASIL BELAJAR MENENTUKAN IDE POKOK PARAGRAF SISWA KELAS IVA SDN PETOMPON 02) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran yang efektif menjadi keberhasilan guru untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas IVA SDN Petompon 02 bahwa pelaksaan kegiatan pembelajaran muatan bahasa Indonesia belum optimal. Hal tersebut dikarena keterbatasan media pembelajaran yang interaktif khusunya dalam muatan bahasa Indonesia, sehingga siswa kurang antusias dalam pembelajaran dan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Perbaikan kualitas pembelajaran dilakukan dengan pengembangan media flashcard berbantuan board game pada muatan bahasa Indonesia. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan, kelayakan dan keefektifan media flashcard berbantuan board game yang layak dan efektif dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Tujuan dari penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media flashcard berbantuan board game yang layak dan efektif dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah Research and development (RnD) dengan model pengembangan berdasarkan sugiyono yang meliputi: potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian. Subjek penelitian ini adalah siswa keas IVA SDN Petompon 02. Penelitian ini dilaksanakan di SD Petompon 02 pada bulan Februari-Maret 2019. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik tes meliputi pretest posttest dan teknik nontes meliputi observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan media flashcard berbantuan board game mendapatkan penilaian kelayakan media dari ahli media sebesar 93% dan ahli materi sebesar 91% dengan kriteria sangat layak. Pada hasil tanggapa siswa dan guru menunjukkan presentase sebesar 95% dan 100% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil uji keefektifan media terdapat peningkatan terhadap hasil belajar yang memperoleh indeks N-Gain sebesar 0,392 dalam kriteria sedang pada kelompok kecil dan memperoleh indeks N-Gain 0,40 dalam kriteria sedang pada kelompok besar. Simpulan penelitian ini adalah media flashcard berbantuan board game pada muatan bahasa Indonesia sangat layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran serta berpengaruh terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Petompon 02 Kota Semarang. Saran dalam penelitian ini yaitu media flashcard berbantuan board game dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran inovatif dan efektif terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bahasa Indonesia, flashcard, board game.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 22 Jan 2020 19:37
Last Modified: 22 Jan 2020 19:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34676

Actions (login required)

View Item View Item