HUBUNGAN MINAT BACA DAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SDN GUGUS DWIJA HARAPAN KECAMATAN MIJEN


Rena Herdiana , 1401415280 (2019) HUBUNGAN MINAT BACA DAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SDN GUGUS DWIJA HARAPAN KECAMATAN MIJEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN MINAT BACA DAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SDN GUGUS DWIJA HARAPAN KECAMATAN MIJEN]
Preview
PDF (HUBUNGAN MINAT BACA DAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SDN GUGUS DWIJA HARAPAN KECAMATAN MIJEN) - Published Version
Download (706kB) | Preview

Abstract

Pendidikan terlibat dalam mempersiapkan siswa untuk mampu menjalani kehidupan pada abad ke-21. Morocco dalam Abidin (2018: 15) menyatakan empat kompetensi penting, yaitu kompetensi pemahaman yang tinggi, kompetensi berpikir kritis, kompetensi berkolaborasi dan berkomunikasi, serta kompetensi berpikir kreatif. Kurikulum 2013 telah mengintegrasikan empat kompetensi tersebut dalam pembelajaran. Akan tetapi dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis terdapat beberapa permasalahan diantaranya adalah minat baca yang rendah dan gerakan literasi sekolah yang belum diselenggarakan secara optimal. Permasalahan tersebut juga terjadi di SDN Gugus Dwija Harapan Kecamatan Mijen. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) apakah ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat baca dengan keterampilan berpikir kritis; (2) apakah ada hubungan yang positif dan signifikan antara gerakan literasi sekolah dengan keterampilan berpikir kritis; (3) apakah ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat baca dan gerakan literasi sekolah dengan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain korelasi kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah 193 siswa dan diambil sampel sebanyak 130 siswa dengan teknik proportionated random sampling dan simple random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, angket, observasi dan dokumentasi yang dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Analisis awal menggunakan uji normalitas, uji lineritas, dan uji multikolineritas. Kemudian dilanjutkan dengan uji korelasi sederhana dan uji korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat baca dengan keterampilan berpikir kritis yaitu sebesar 0,450; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara gerakan literasi sekolah dengan keterampilan berpikir kritis yaitu sebesar 0,523. (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat baca dan gerakan literasi sekolah dengan keterampilan berpikir kritis yaitu sebesar 0,573. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan minat baca dan gerakan literasi sekolah dengan keterampilan berpikir kritis. Saran yang dapat diberikan adalah guru dapat melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan minat baca dan keterampilan berpikir kritis siswa dan sekolah diharapkan dapat menyelenggaran gerakan literasi sekolah dengan optimal. Diharapkan pula penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: minat baca; gerakan literasi sekolah; keterampilan berpikir kritis
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 22 Jan 2020 19:25
Last Modified: 22 Jan 2020 19:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34674

Actions (login required)

View Item View Item