PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LUDO PINTAR INDONESIA PADA MUATAN IPS MATERI RUMAH ADAT KELAS IV SDN KARANGAYU 03 SEMARANG


Andita Rahmawati , 1401415277 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LUDO PINTAR INDONESIA PADA MUATAN IPS MATERI RUMAH ADAT KELAS IV SDN KARANGAYU 03 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LUDO PINTAR INDONESIA PADA MUATAN IPS MATERI RUMAH ADAT KELAS IV SDN KARANGAYU 03 SEMARANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LUDO PINTAR INDONESIA PADA MUATAN IPS MATERI RUMAH ADAT KELAS IV SDN KARANGAYU 03 SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan data prapenelitian yang dilakukan pada kelas IV SDN Karangayu 03 Semarang, diperoleh bahwa dalam pembelajaran IPS belum menggunakan media pembelajaran yang variatif dan interaktif. Penggunaan LCD dan proyektor hanya sebatas penanyangan gambar maupun materi yang terdapat pada buku siswa. Hal tesebut berdampak pada jumlah siswa yang tidak tuntas pada muatan IPS semakin meningkat. Oleh karena itu peneliti mengembangkan media pembelajaran Ludo Pintar Indonesia pada muatan IPS materi rumah adat. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk, menilai kelayakan media dan menguji keefektifan media pembelajaran Ludo Pintar Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Hasil pengembangan media pembelajaran Ludo Pintar Indonesia divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Uji coba kelompok kecil dilakukan di kelas IVA SDN Krobokan Semarang dengan 12 siswa dan uji coba kelompok besar dilakukan di kelas IV SDN Karangayu 03 Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) media pembelajaran Ludo Pintar Indonesia berhasil dikembangkan sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru. 2) Media pembelajaran Ludo Pintar Indonesia mendapatkan persentase penilaian kelayakan media dari ahli media sebesar 91,67% dan kelayakan materi dari ahli materi sebesar 91,67%. Pada hasil tanggapan siswa dan guru menunjukkan persentase 97,5% dan 100% dengan kriteria sangat layak. 3) Berdasarkan hasil uji keefektifan media, terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar dengan uji t sebesar 8,437 dan peningkatan rata-rata (gain) sebesar 0,4306 dengan kriteria sedang. Simpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran Ludo Pintar Indonesia sangat layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPS materi rumah adat. Saran penelitian selanjutnya dapat mengembangkan media pembelajaran serupa dengan materi yang berbeda, sehingga dapat dijadikan sebagai salah satu referensi media yang variatif dan interaktif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, Ludo Pintar Indonesia, IPS.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 22 Jan 2020 19:21
Last Modified: 22 Jan 2020 19:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34673

Actions (login required)

View Item View Item