PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN DABIN IV KECAMATAN PAGUYANGAN KABUPATEN BREBES


Ravida Mafatikhul Ulumah , 1401415276 (2019) PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN DABIN IV KECAMATAN PAGUYANGAN KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN DABIN IV KECAMATAN PAGUYANGAN KABUPATEN BREBES]
Preview
PDF (PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN DABIN IV KECAMATAN PAGUYANGAN KABUPATEN BREBES) - Published Version
Download (706kB) | Preview

Abstract

Salah satu tujuan pendidikan IPS di SD adalah membekali peserta didik dengan kesadaran penuh, sikap mental yang positif serta keterampilan yang dibutuhkan terhadap pemanfaatan lingkungan hidup yang menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. Keluaran dari kegiatan belajar yaitu hasil belajar. Ada beberapa faktor yang memengaruhi hasil belajar diantaranya kompetensi profesional guru dan disiplin belajar. Berdasarkan data awal, kompetensi profesional guru masih kurang optimal serta disiplin tiap-tiap siswa berbeda, sehingga berpengaruh pada hasil belajar IPS. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kompetensi profesional guru dan disiplin belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Dabin IV Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Dabin IV Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes sejumlah 279 siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin dan proportionate stratified random sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 165 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, dokumentasi untuk hasil belajar IPS, dan kuesioner/angket tertutup dengan skala likert 4 untuk kompetensi profesional guru dan disiplin belajar. Data penelitian telah memenuhi uji prasyarat kemudian data dianalisis dengan menggunakan regresi linier sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar IPS. Hasil penelitian diperoleh thitung> ttabel yaitu 4,408 > 1,974 dan korelasi keduanya sebesar 0,258 atau rendah, besar sumbangannya sebesar 6,7%. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara disiplin belajar terhadap hasil belajar IPS. Hasil penelitian diperoleh thitung> ttabel yaitu 4,699 > 1,974 dan korelasi keduanya sebesar 0,345 atau rendah, besar sumbangannya sebesar 11,9% (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi profesional guru dan disiplin belajar secara bersamasama terhadap hasil belajar IPS. Hasil penelitian diperoleh Fhitung> Ftabel yaitu 13,776 > 3,052 dan korelasi ganda dalam kategori rendah (0,381). Besarnya sumbangan kompetensi profesional guru dan disiplin belajar terhadap hasil belajar IPS sebesar 14,5%. Dapat disimpulkan bahwa kompetensi profesional guru dan disiplin belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar IPS. Guru hendaknya selalu berupaya meningkatkan kompetensi profesionalnya serta diharapkan siswa berdisiplin belajar dengan baik di rumah maupun di sekolah

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: disiplin belajar; hasil belajar; kompetensi profesional guru;
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 22 Jan 2020 19:15
Last Modified: 22 Jan 2020 19:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34671

Actions (login required)

View Item View Item