PENGEMBANGAN MEDIA LIFT THE FLAP BOOK MATERI KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN IPS KELAS IV SDN TAMBANGAN 01 MIJEN


Umi Maghfiroh , 1401415275 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA LIFT THE FLAP BOOK MATERI KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN IPS KELAS IV SDN TAMBANGAN 01 MIJEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA LIFT THE FLAP BOOK MATERI KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN IPS KELAS IV SDN TAMBANGAN 01 MIJEN]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA LIFT THE FLAP BOOK MATERI KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN IPS KELAS IV SDN TAMBANGAN 01 MIJEN) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Hakikat IPS di sekolah dasar memberikan pengetahuan dasar dan pemikiran mengenai kondisi sosial yang ada di lingkungan siswa yang diharapkan mampu mencetak generasi yang bertanggung jawab terhadap bangsa dan negaranya. Berdasarkan data prapenelitian yang dilakukan di SDN Tambangan 01 Mijen melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, terdapat permasalahan dalam pembelajaran IPS terkait dengan keterbatasan bahan ajar dan penggunaan media pembelajaran yang kurang optimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana cara mengembangkan media Lift the Flap Book .Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media Lift the Flap Book dalam muatan IPS. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan oleh Sugiyono dengan 8 langkah yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, dan uji coba pemakaian.Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan tes, observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal, uji t dan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan media Lift the Flap Book sangat layak digunakan dengan persentase penilaian dari ahli materi sebesar 92.5% dan dari ahli media sebesar 98,34%. Media Lift the Flap Book efektif digunakan dalam pembelajaran, diketahui berdasarkan hasil belajar dengan adanya perbedaan rata-rata melalui uji t sebesar 14,711 dan peningkatan rata-rata (gain) sebesar 0,5128 dengan kriteria sedang. Simpulan dari penelitian ini adalah media Lift the Flap Book sangat layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPS materi keragaman budaya Indonesia. Guru diharapkan dapat mengembangan media serupa dengan materi yang berbeda, serta pihak sekolah diharapkan dapat memfasilitasi

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: IPS, lift the flap book, R&D
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 22 Jan 2020 19:11
Last Modified: 22 Jan 2020 19:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34670

Actions (login required)

View Item View Item