ANALISIS BUTIR SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER TEMA 6 UNIT 2 TAHUN AJARAN 2018/2019 SD NEGERI SE-GUGUS DOKTER SOETOMO KECAMATAN DUKUHWARU KABUPATEN TEGAL


Novita Amelya , 1401415274 (2019) ANALISIS BUTIR SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER TEMA 6 UNIT 2 TAHUN AJARAN 2018/2019 SD NEGERI SE-GUGUS DOKTER SOETOMO KECAMATAN DUKUHWARU KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS BUTIR SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER TEMA 6 UNIT 2 TAHUN AJARAN 2018/2019 SD NEGERI SE-GUGUS DOKTER SOETOMO KECAMATAN DUKUHWARU KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (ANALISIS BUTIR SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER TEMA 6 UNIT 2 TAHUN AJARAN 2018/2019 SD NEGERI SE-GUGUS DOKTER SOETOMO KECAMATAN DUKUHWARU KABUPATEN TEGAL) - Published Version
Download (668kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan wawancara yang telah dilakukan, diperoleh informasi bahwa soal PTS genap diteskan tanpa melalui tahapan analisis butir soal secara kualitatif. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan gambaran yang nyata tentang kualitas soal PTS yang telah disusun dan dijadikan masukan pada penyusunan soal selanjutnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan butir soal pilihan ganda dan uraian PTS genap. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian mixed methods dengan metode deskriptif analisis. Sampel penelitian ini sebanyak 210. Data kualitatif dianalisis menggunakan teknik analisis validitas isi menurut Gregory dan pencocokkan jenjang ranah kognitif. Data kuantitatif dianalisis menggunakan program Anates V4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal pilihan ganda dan uraian yang dianalisis ditinjau dari aspek materi, konstruksi, dan bahasa, memiliki validitas isi berkategori “sangat tinggi”. Distribusi jenjang ranah kognitif soal pilihan ganda, terdapat 11 (73%) soal (C1) dan 4 (27%) soal (C2), sedangkan soal uraian terdapat 3 (50%) soal (C1) dan 3 (50%) soal (C2). Kualitas soal pilihan ganda ditinjau dari aspek validitasnya, terdapat 15 (100%) soal berkategori “tidak signifikan”, sedangkan soal uraian terdapat 3 (60%) soal berkategori “sangat signifikan”, 1 (20%) soal berkategori “signifikan”, dan 1 (20%) soal berkategori “tidak signifikan”. Dari aspek reliabilitasnya, diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0,59 dengan kriteria “korelasi cukup”, sedangkan soal uraian diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0,76 dengan kriteria “korelasi tinggi”. Dari aspek tingkat kesukarannya, terdapat 3 (21%) soal berkategori “mudah”, 8 (53%) soal berkategori “sedang”, 2 (13%) soal berkategori “sukar”, dan 2 (13%) soal berkategori “sangat sukar”, sedangkan soal uraian terdapat 3 (60%) soal berkategori “mudah” dan 2 (40%) soal berkategori “sedang”. Dari aspek daya pembeda, terdapat 3 (20%) soal berkategori “jelek”, 5 (33%) soal berkategori “cukup”, 6 (40%) soal berkategori “baik”, dan 1 (7%) soal berkategori “baik sekali”, sedangkan soal uraian terdapat 2 (40%) soal berkategori “cukup”, 2 (40%) soal berkategori “baik”, dan 1 (20%) soal berkategori “baik sekali”. Dari aspek efektivitas pengecohnya, terdapat 9 (60%) soal berkategori “baik” dan 6 (40%) soal berkategori “jelek”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis butir soal dapat mendeteksi kekurangan pada butir soal. Oleh karena itu, penyusunan soal sebaiknya melalui tahapan analisis butir soal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: analisis butir soal; pilihan ganda; tema 6 unit 2; uraian.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 22 Jan 2020 19:04
Last Modified: 22 Jan 2020 19:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34669

Actions (login required)

View Item View Item