HUBUNGAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN GUGUS DWIJA HARAPAN KECAMATAN MIJEN
Betty Febri Rahayu , 1401415273 (2019) HUBUNGAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN GUGUS DWIJA HARAPAN KECAMATAN MIJEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (HUBUNGAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN GUGUS DWIJA HARAPAN KECAMATAN MIJEN)
- Published Version
Download (755kB) | Preview |
Abstract
Sekolah dasar merupakan proses awal bagi anak untuk meningkatkan kemampuan dirinya. Salah satu keterampilan yang diharapkan dikuasai oleh siswa pada sekolah dasar adalah keterampilan berbahasa yang meliputi mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis (Susanto, 2013). Akan tetapi dalam pelaksanaan keterampilan membaca khususnya membaca pemahaman terdapat beberapa permasalahan diantaranya adalah pemanfaatan perpustakaan yang belum optimal dan kurangnya perhatian orang tua. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana pemanfaatan perpustakaan siswa; (2) bagaimana perhatian orang tua siswa; (3) bagaimana kemampuan membaca pemahaman siswa; (4) apakah ada hubungan yang positif dan signifikan antara pemanfaatan perpustakaan terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa; (5) apakah ada hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa; (6) apakah ada hubungan yang positif dan signifikan antara pemanfaatan perpustakaan dan perhatian orang tua terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan desain paradigma ganda. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 205 siswa dan diambil sampel sebanyak 136 siswa dengan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi yang dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Analisis awal menggunakan uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinieritas. Kemudian dilanjutkan dengan analisis korelasi sederhana dan analisis korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pemanfaatan perpustakaan siswa berkategori baik yaitu sebesar 53,68%; (2) perhatian orang tua siswa berkategori baik yaitu sebesar 47,79%; (3) kemampuan membaca pemahaman siswa berkategori baik yaitu sebesar 55,88%; (4) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemanfaatan perpustakaan terhadap kemampuan membaca pemahaman yaitu sebesar 0,471; (5) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua terhadap kemampuan membaca pemahaman yaitu sebesar 0,199; (6) terdapat hubungan yang positif dan signifikan pemanfaatan perpustakaan dan perhatian orang tua terhadap kemampuan membaca pemahaman yaitu sebesar 0,495. Simpulan dalam penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemanfaatan perpustakaan dan perhatian orang tua terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Gugus Dwija Harapan Kecamatan Mijen. Saran dalam penelitian ini yaitu sekolah, guru, dan siswa perlu mengupayakan pemanfaatan perpustakaan yang optimal, serta orang tua perlu meningkatkan perhatiannya untuk anak agar kemampuan membaca pemahamannya meningkat. Diharapkan pula penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi mengembangkan penelitian selanjutnya yang sejenis
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pemanfaatan perpustakaan; perhatian orang tua; membaca pemahaman |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 22 Jan 2020 18:59 |
Last Modified: | 22 Jan 2020 18:59 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34668 |
Actions (login required)
View Item |