PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK MUATAN IPS MATERI KEGIATAN EKONOMI DAN HUBUNGANNYA DENGAN BERBAGAI BIDANG PEKERJAAN KELAS IVB SDN PURWOYOSO 04 KOTA SEMARANG
Yugianti , 1401415270 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK MUATAN IPS MATERI KEGIATAN EKONOMI DAN HUBUNGANNYA DENGAN BERBAGAI BIDANG PEKERJAAN KELAS IVB SDN PURWOYOSO 04 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK MUATAN IPS MATERI KEGIATAN EKONOMI DAN HUBUNGANNYA DENGAN BERBAGAI BIDANG PEKERJAAN KELAS IVB SDN PURWOYOSO 04 KOTA SEMARANG)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini diawali pada saat pra penelitian melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi menunjukkan kurangnya variasi di dalam pembelajaran karena keterbatasan media berupa LCD serta hanya menggunakan buku siswa sebagai sumber belajar dan belum pernah menggunakan media pop up book. Pada hasil belajar saat pembelajaran tahun 2017/2018 untuk mata pelajaran IPS pada tema 8 mempunyai nilai rata-rata rendah bila dibandingkan dengan tema yang lain serta peserta didik sulit membedakan materi kegiatan ekonomi (produksi, distribusi dan konsumsi). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengembangan, kelayakan dan keefektifan media pembelajaran pop up book untuk meningkatkan hasil belajar muatan Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas IV SD Negeri Purwoyoso 04? Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan, menguji kelayakan dan menguji pengaruh media pembelajaran pop up book untuk meningkatkan hasil belajar muatan Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas IV SD Negeri Purwoyoso 04. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dari Sugiyono (2015:409) yang dilaksanakan melalui sepuluh tahapan namun penelitian ini dilaksakan sampai tahap ke-8, karena sesuai dengan kebutuhan penelitian yaitu untuk mengetahui keefektifan media pop-up book serta tidak diproduksi secara masal. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IVb SD Negeri Purwoyoso 04 sebanyak 32 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket, wawancara, dokumen dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis data awal, uji hipotesis, uji n-gain dan uji paired sampel t-test . Hasil penelitian menunjukan media pop up book yang dikembangkan dinilai valid oleh ahli media, materi serta guru dengan perolehan persentase 94,44% dengan kriteria sangat baik untuk ahli materi, dan 92,86% dengan kriteria sangat baik dari ahli media, serta 97,97% dengan kriteria sangat baik dari penilaian guru. Uji peningkatan rata-rata nilai (gain) pretest dan postest siswa sebesar 0,58. Sedangkan dari hasil uji hipotesis menunjukan bahwa pop up book berpengaruh terhadap hasil belajar muatan IPS Kelas IV SD Negeri Purwoyoso 04 Simpulan penelitian ini adalah media pembelajaran pop up book layak serta efektif digunakan pada pembelajaran IPS materi kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai pekerjaan. Saran untuk penelitan selanjutnya ialah untuk memerhatikan berbagai kelemahan-kelemahan media pop up book baik dalam proses pembuatan sampai pada proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media; Pop Up Book; IPS |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 22 Jan 2020 18:54 |
Last Modified: | 22 Jan 2020 18:54 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34667 |
Actions (login required)
View Item |