PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI GAME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN PUDAKPAYUNG 01 KECAMATAN BANYUMANIK KOTA SEMARANG


Intan Permata Sari , 1401415261 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI GAME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN PUDAKPAYUNG 01 KECAMATAN BANYUMANIK KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI GAME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN PUDAKPAYUNG 01 KECAMATAN BANYUMANIK KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI GAME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN PUDAKPAYUNG 01 KECAMATAN BANYUMANIK KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (589kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian dan pengembangan yang dilakukan adalah kurangnya media pembelajaran yang mendukung sehingga belum dapat mengoptimalkan pemahaman siswa terhadap materi Ilmu Pendidikan Sosial (IPS). Sehingga dikembangkan desain dan komponen media pembelajaran berupa media Monopoli Game yang efektif digunakan oleh guru maupun siswa dalam kegiatan belajar mengajar mata pelajaran IPS Kelas V Sekolah Dasar materi Kedatangan Bangsa Eropa ke Indonesia. Jenis penelitian ini adalah Reserach and Development (R&D) dengan langkah potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, dan uji coba pemakaian. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V A SDN Pudakpayung 01 Kecamatan Banyumanik Kota Semarang, seluruh populasi tersebut dijadikan sebagai sampel dengan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, data dokumentasi, angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal, uji t, dan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Monopoli Game layak digunakan dengan hasil belajar kognitif peserta didik pada penilaian pretest dan posttest, terdapat perbedaan rarta-rata perhitungan thitung 24,83 yaitu lebih besar dari ttabel 2,059 dengan uji peningkatan rata-rata sebesar 0,55 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah media Monopoli Game efektif digunakan pada muatan IPS materi Kedatangan Bangsa Eropa ke Indonesia. Saran penelitian selanjutnya dapat menerapkan media Monopoli Game pada pembelajaran lain dengan menyesuaikan isi materi yang akan diajarkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Monopoli Game; IPS; R&D
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 22 Jan 2020 18:47
Last Modified: 22 Jan 2020 18:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34665

Actions (login required)

View Item View Item