PENGARUH PEMBINAAN KOMPETENSI GURU TERHADAP MOTIVASI KERJA DAN KINERJA GURU SEKOLAH DASAR GUGUS DARMA WIYATA KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS
Renisa Reza Umami , 1401415256 (2019) PENGARUH PEMBINAAN KOMPETENSI GURU TERHADAP MOTIVASI KERJA DAN KINERJA GURU SEKOLAH DASAR GUGUS DARMA WIYATA KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGARUH PEMBINAAN KOMPETENSI GURU TERHADAP MOTIVASI KERJA DAN KINERJA GURU SEKOLAH DASAR GUGUS DARMA WIYATA KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS)
- Published Version
Download (769kB) | Preview |
Abstract
Pembinaan kompetensi guru merupakan suatu usaha bantuan yang ditujukan kepada guru, bantuan berupa layanan profesional yang dilakukan oleh kepala sekolah, dan pengawas serta pembina lainnya agar guru dapat menguasai kompetesi secara maksimal untuk meningkatkan proses dan hasil belajar. Motivasi kerja merupakan pendorong seseorang untuk melakukan sesuatu secara maksimal. Motivasi dapat disebabkan karena adanya suatu kebutuhan yang diperlukan oleh seseorang sehingga hal tersebut mendorong seseorang untuk melakukan pekerjaannya secara profesional. Kinerja dapat diartikan sebagai hasil kerja yang dicapai seseorang atau kelompok untuk mencapai tujuan. Kinerja guru dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik, karena guru berinteraksi langsung dengan peserta didik. Agar kinerja dapat memperoleh hasil yang baik maka perlu dilakukan pembinaan yang dilakukan oleh supervisor. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pembinaan kompetensi guru terhadap motivasi kerja dan kinerja guru Sekolah Dasar Gugus Darma Wiyata kecamatan Ajibarang kabupaten Banyumas. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya yaitu ex post facto. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu probability sampling dengan teknik sampling jenuh. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru SD Gugus Darma Wiyata yang berjumlah 85 guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, dokumentasi, dan angket/kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pembinaan kompetensi guru dengan motivasi kerja guru Gugus Darma Wiyata Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas; (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pembinaan kompetensi guru dengan kinerja guru di Gugus Darma Wiyata Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas. Dengan demikian variabel pembinaan kompetensi guru berpengaruh terhadap motivasi kerja dan kinerja guru. Disarankan kepada kepala sekolah untuk melaksanakan pembinaan kompetensi guru secara rutin berkelanjutan agar motivasi kerja guru semakin optimal.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kinerja Guru; Motivasi Kerja; Pembinaan Kompetensi Guru. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 22 Jan 2020 18:40 |
Last Modified: | 22 Jan 2020 18:40 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34663 |
Actions (login required)
View Item |