KEEFEKTIFAN MODEL TGT BERBANTU MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN PKN DITINJAU DARI MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN 1 BOGANGIN KABUPATEN BANYUMAS


Tegar Putri Raras Khastungkara , 1401415255 (2019) KEEFEKTIFAN MODEL TGT BERBANTU MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN PKN DITINJAU DARI MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN 1 BOGANGIN KABUPATEN BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL TGT BERBANTU MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN PKN DITINJAU DARI MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN 1 BOGANGIN KABUPATEN BANYUMAS]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL TGT BERBANTU MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN PKN DITINJAU DARI MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN 1 BOGANGIN KABUPATEN BANYUMAS) - Published Version
Download (801kB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor kurang berhasilnya proses pembelajaran PKn yaitu guru kurang inovatif dalam pembelajaran. Pada umumnya guru hanya menerapkan model pembelajaran konvensional sehingga siswa menjadi pasif dan kurang tertarik pada pelajaran PKn. Hal tersebut berdampak pada rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu dibutuhkan inovasi dalam pembelajaran PKn, salah satunya yaitu dengan menerapkan model pembelajaran TGT. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran TGT dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional pada pembelajaran PKn materi harga diri di kelas III. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain quasi experimental bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu 55 siswa kelas III SDN 1 Bogangin Kabupaten Banyumas, yang terdiri dari 29 siswa kelas IIIA dan 26 siswa kelas IIIB. Seluruh populasi dijadikan sebagai anggota sampel karena peneliti menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, angket, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis meliputi normalitas, homogenitas, dan kesamaan rata-rata. Analisis akhir atau pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil uji hipotesis pertama (uji perbedaan) data motivasi belajar menggunakan Independent Sample T Test menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel (2,121 > 2,006) dan pada hasil belajar diperoleh thitung > ttabel (2,273 > 2,006). Hal ini berarti terdapat perbedaan antara motivasi dan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran TGT dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Pengujian hipotesis kedua (uji keefektifan) data motivasi belajar menggunakan One Sample T Test diperoleh thitung > ttabel (3,466 > 2,048) dan pada hasil belajar diperoleh thitung > ttabel (2,904 > 2,048). Berdasarkan penghitungan tersebut, dapat diketahui bahwa motivasi dan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran TGT lebih baik daripada yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TGT efektif ditinjau dari peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa kelas III SDN 1 Bogangin pada pembelajaran PKn materi harga diri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, model Teams Games Tournament, motivasi belajar, pembelajaran PKn.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 22 Jan 2020 18:35
Last Modified: 22 Jan 2020 18:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34662

Actions (login required)

View Item View Item