HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN GADGET DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD NEGERI GUGUS DRUPADI KECAMATAN GUNUNGPATI SEMARANG


Wahyu Istiqomah , 1401415254 (2019) HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN GADGET DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD NEGERI GUGUS DRUPADI KECAMATAN GUNUNGPATI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN GADGET DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD NEGERI GUGUS DRUPADI KECAMATAN GUNUNGPATI SEMARANG]
Preview
PDF (HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN GADGET DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD NEGERI GUGUS DRUPADI KECAMATAN GUNUNGPATI SEMARANG) - Published Version
Download (737kB) | Preview

Abstract

Era abad 21 gadget mempengaruhi seluruh kehidupan manusia termasuk dalam bidang pendidikan. Peneliti menemukan berbagai permasalahan di SDN Gugus Drupadi Kota Semarang terkait hasil belajar, intensitas penggunaan gadget dan motivasi belajar. Berdasarkan data yang ditemukan 75,14% siswa memiliki gadget pribadi dan motivasi belajar rendah, selain itu hasil Ujian Akhir Semester I 2018/2019 menunjukan bahwa nilai muatan pelajaran IPS siswa, 66% belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal. Tujuan penelitian ini adalah (1) menguji hubungan intensitas penggunaan gadget dan hasil belajar IPS; (2) menguji hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS; (3) menguji hubungan intensitas penggunaan gadget dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Subjek dan populasi penelitian adalah siswa kelas V SDN Gugus Drupadi Kecamatan Gunungpati Semarang. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik simple random sampling sebanyak 135 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara awal, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi dengan sebelumnya dilakukan uji prasyarat dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara intensitas penggunaan gadget dengan hasil belajar dengan nilai rhitung 0,405 pada taraf signifikansi 0,00<0,05, ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan hasil belajar siswa dengan nilai rhitung 0,300 padataraf signifikansi 0,00<0,05,serta ada hubungan positif dan signifikan antara intensitas penggunaan gadget dan motivasi belajar dengan hasil belajar muatan Ilmu Pengetahuan Sosial dengan rhitung0,469 pada taraf signifikansi 0,00 < 0,05. Kontribusi variabel bebas intensitas penggunaan gadget dan motivasi belajar dengan hasil belajar muatan pembelajaran IPS sebesar 21,3%. Simpulan penelitian ini adalah ada hubungan yang positif dan signifikan anatar intensitas penggunaan gadget dan motivasi belajar dengan hasil belajar muatan pembelajarn Ilmu Pengetahuan Sosial. Saran penelitian ini adalah hendaknya guru memiliki hubungan yang baik dengan orang tua siswa untuk mengontrol intensitas penggunaan gadget siswa dan menumbuhkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; intensitas penggunaan gadget; motivasi belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 22 Jan 2020 18:32
Last Modified: 22 Jan 2020 18:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34661

Actions (login required)

View Item View Item