PERBEDAAN POLA ASUH ORANG TUA PADA HASIL BELAJAR DAN DISIPLIN SISWA KELAS V SDN GUGUS AHMAD YANI KECAMATAN KARANGRAYUNG GROBOGAN (Ditinjau Dari Pola Asuh Orang Tua)


Firda Lukmana , 1401415251 (2019) PERBEDAAN POLA ASUH ORANG TUA PADA HASIL BELAJAR DAN DISIPLIN SISWA KELAS V SDN GUGUS AHMAD YANI KECAMATAN KARANGRAYUNG GROBOGAN (Ditinjau Dari Pola Asuh Orang Tua). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERBEDAAN POLA ASUH ORANG TUA PADA HASIL BELAJAR DAN DISIPLIN SISWA KELAS V SDN GUGUS AHMAD YANI KECAMATAN KARANGRAYUNG GROBOGAN (Ditinjau Dari Pola Asuh Orang Tua)]
Preview
PDF (PERBEDAAN POLA ASUH ORANG TUA PADA HASIL BELAJAR DAN DISIPLIN SISWA KELAS V SDN GUGUS AHMAD YANI KECAMATAN KARANGRAYUNG GROBOGAN (Ditinjau Dari Pola Asuh Orang Tua)) - Published Version
Download (927kB) | Preview

Abstract

Tugas mendidik tidak hanya menjadi tanggung jawab guru di sekolah tetapi orang tua juga ikut bertanggung jawab untuk meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah dan tingkat disiplin siswa di sekolah atau di rumah. Orang tua merupakan pendidik utama dan pertama bagi anak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan hasil belajar dan disiplin siswa ditinjau dari pola asuh orang tua. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, adakah perbedaan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri di Kecamatan Karangrayung ditinjau dari pola asuh orang tua dan adakah perbedaan disiplin siswa kelas V SD Negeri di Kecamatan Karangrayung ditinjau dari pola asuh orang tua. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif. Sampel pada penelitian ini yaitu sebanyak 96 siswa kelas V di Gugus Ahmad Yani Kecamatan Karangrayung. Teknik sampel dilakukan dengan cara cluster sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket untuk mendapatkan data variabel disiplin siswa dan pola asuh orang tua dan dokumentasi untuk mendapatkan data hasil belajar. Dari 52 soal angket disiplin yang diuji coba menggunakan rumus Product Moment, terdapat 29 soal yang valid. Dan dari 30 soal angket pola asuh orang tua, terdapat 21 soal yang valid. Angket variabel disiplin dan pola asuh orang tua dinyatakan reliable setelah duji reliabilitas menggunakan program SPSS 22 Analisis uji prasyarat dilakukan dengan uji normalitas menggunakan rumus Kolmogorov Smirnov dan homogenitas menggunakan program SPSS 22. Dari uji prasyarat diketahui data hasil belajar dan disiplin bersifat normal dan homogen, sedangkan Pengujian hipotesis dilakukan dengan Uji One Way Anova. Hasil penelitian ini adalah: (1) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan pada siswa kelas V SD Negeri di Kecamatan Karangrayung ditinjau dari pola asuh orang tua yang ditunjukkan dengan besarnya nilai nilai F hitung (1,272) < F tabel (3,094). (2) Terdapat perbedaan disiplin yang signifikan pada siswa kelas V SD Negeri di Kecamatan Karangrayung ditinjau dari pola asuh orang tua yang ditunjukkan dengan besarnya F hitung (6,673) > F tabel (3,094) Simpulan dari penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan hasil belajar dan terdapat perbedaan disiplin yang signifikan jika ditinjau dari pola asuh orang tua siswa kelas V SD Negeri di Kecamatan Karagrayung. Saran dari peneliti adalah guru mampu bekerja sama dengan orang tua untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan menerapkan perilaku disiplin.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: disiplin, hasil belajar, pola asuh orang tua.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 22 Jan 2020 18:29
Last Modified: 22 Jan 2020 18:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34660

Actions (login required)

View Item View Item