HUBUNGAN SELF-EFFICACY DAN LINGKUNGAN KELUARGA DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS CAKRA KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG
Firdatun Martiana Dewi , 1401415249 (2019) HUBUNGAN SELF-EFFICACY DAN LINGKUNGAN KELUARGA DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS CAKRA KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (HUBUNGAN SELF-EFFICACY DAN LINGKUNGAN KELUARGA DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS CAKRA KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG)
- Published Version
Download (623kB) | Preview |
Abstract
Salah satu tujuan pendidikan nasional yaitu menciptakan individu yang mandiri dalam hal ini yaitu mandiri dalam belajar. Dalam menumbuh kembangkan kemandirian belajar, keyakinan atas kemampuan diri serta dukungan dari lingkungan keluarga sangat dibutuhkan oleh siswa. Berdasarkan data yang ditemukan, sekitar 75% atau 139 siswa merasa kurang yakin dengan kemampuannya dalam mengerjakan tugas serta beberapa siswa kurang mendapat dukungan dari keluarga sehingga perkembangan kemandirian belajar menjadi terhambat. Tujuan penelitian ini adalah (1) menguji hubungan self-efficacy dengan kemandirian belajar; (2) menguji hubungan lingkungan keluarga dengan kemandirian belajar; (3) menguji hubungan self-efficacy dan lingkungan keluarga secara bersama-sama dengan kemandirian belajar. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV Gugus Cakra Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang yang berjumlah 186 siswa yangdiambil sebanyak 112 sebagai sampel penelitian dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampel . Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, angket serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistic dekriptif, uji normalitas dan linieritas , uji multikolinieritas yang dilakjutkan dengan uji korelasi Product Moment, uji signifikansi serta koefisien determinasi. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara self-efficacy dengan kemandirian belajar yang dibuktikan dengan harga r hitung lebih besar dari r tabel (0,582>0,186), ada hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan keluarga dengan kemandirian belajar yang dibuktikan dengan harga r hitung lebih besar dari r tabel (0,617>0,186), ada hubungan yang positif dan signifikan antara self-efficacy dan lingkungan keluarga secara bersama-sama dengan kemandiran belajar yang dibuktikan dengan harga r hitung lebih besar dari harga r tabel (0,470>0,186). Simpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan yang positif dan signifikan antara self-efficacy dengan kemandirian belajar, ada hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan keluarga dengan kemandirian belajar, ada hubungan yang positif dan signifikan antara self-efficacy dan lingkungan keluarga secara bersama-sama dengan kemandirian belajar. Saran dalam penelitian ini diantaranya guru hendaknya memiliki hubungan yang baik dengan keluarga siswa untuk dapat meningkatkan self-efficacy dan kemandirian belajar baik disekolah maupun di lingkungan rumah
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemandirian belajar, lingkungan keluarga, self-efficacy |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 22 Jan 2020 18:24 |
Last Modified: | 22 Jan 2020 18:24 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34659 |
Actions (login required)
View Item |