HUBUNGAN KESIAPAN BELAJAR SISWA DAN BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SDN GUGUS MUHAMMAD SYAFI’I MARGOREJO PATI
Alivian Emilia Putri , 14011415248 (2019) HUBUNGAN KESIAPAN BELAJAR SISWA DAN BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SDN GUGUS MUHAMMAD SYAFI’I MARGOREJO PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (HUBUNGAN KESIAPAN BELAJAR SISWA DAN BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SDN GUGUS MUHAMMAD SYAFI’I MARGOREJO PATI)
- Published Version
Download (590kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang yang mendasari penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika sebagian besar belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Perolehan hasil belajar tersebut dipengaruhi oleh kurangnya kesiapan belajar dari diri siswa serta belum maksimalnya bimbingan belajar yang diberikan oleh orang tua kepada siswa. Melalui latar belakang tersebut, rumusan masalah yang dianalisis dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan antara kesiapan belajar siswa dan bimbingan belajar orang tua dengan hasil belajar matematika. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan: kesiapan belajar siswa terhadap hasil belajar matematika, bimbingan belajar orang tua terhadap hasil belajar matematika, kesiapan belajar siswa dan bimbingan belajar orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Gugus Muhammad Syafi’i. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Gugus Muhammad Syafi’i Kecamatan Margorejo Pati yang berjumlah 150 siswa dengan sampel 112 siswa yang diambil menggunakan teknik kuota sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, linearitas dan multikolinieritas. Setelah data normal dan linier peneliti mengolah data menggunakan analisis statistik deskriptif, korelasi product moment (variabel X1 dan Y) dan (variabel X2 dan Y), dan korelasi ganda untuk 2 variabel bebas dan 1 variabel terikat (variabel X1 dan X2 dengan Y) dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kesiapan belajar siswa terhadap hasil belajar matematika, bimbingan belajar orangtua terhadap hasil belajar matematika, kesiapan belajar siswa dan bimbingan belajar orang tua terhadap hasil belajar matematika. Kontribusi kesiapan belajar siswa terhadap hasil belajar matematika sebesar 37%, variabel bimbingan belajar orang tua terhadap variabel hasil belajar matematika sebesar 44% serta kontribusi kesiapan belajar siswa dan bimbingan belajar orang tua terhadap hasil belajar matematika adalah sebesar 81%. Simpulan penelitian ini adalah ada hubungan antara kesiapan belajar siswa dan bimbingan belajar orang tua terhadap hasil belajar matematika. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa kesiapan belajar dan bimbingan belajar orang tua mempengaruhi hasil belajar matematika, sehingga perlu adanya kesadaran dari guru dan orang tua untuk memperhatikan faktor-faktor tersebut.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bimbingan belajar orang tua; hasil belajar; kesiapan belajar siswa; Matematika |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 22 Jan 2020 18:20 |
Last Modified: | 22 Jan 2020 18:20 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34658 |
Actions (login required)
View Item |