PENGARUH LITERASI DAN KAIDAH EJAAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NARASI SISWA KELAS V SDN GUGUS KRESNA KECAMATAN SEMARANG BARAT
Aprilia Dini Puspitaningrum , 1401415243 (2019) PENGARUH LITERASI DAN KAIDAH EJAAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NARASI SISWA KELAS V SDN GUGUS KRESNA KECAMATAN SEMARANG BARAT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGARUH LITERASI DAN KAIDAH EJAAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NARASI SISWA KELAS V SDN GUGUS KRESNA KECAMATAN SEMARANG BARAT)
- Published Version
Download (878kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas V SDN Gugus Kresna Kecamatan Semarang Barat diketahui bahwa siswa masih kesulitan dalam menulis narasi. Kesulitan ini dipengaruhi oleh kurangnya kegiatan literasi dan penguasaan kaidah ejaan. Hal tersebut menyebabkan masih banyak siswa SDN kalibanteng Kidul 01 yang mendapat nilai kurang dari KKM yaitu 78 sedangkan untuk siswa SDN Kalibanteng Kidul 02 dan Kalibanteng Kulon 02 masih mendapat nilai dibawah 75. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh literasi terhadap kemampuan menulis narasi, (2) mengetahui pengaruh kaidah ejaan terhadap kemampuan menulis narasi, dan (3) mengetahui pengaruh literasi dan kaidah ejaan terhadap kemampuan menulis narasi. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SDN Gugus Kresna Kecamatan Semarang Barat sebanyak 205 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling sehingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 157 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji prasyarat, analisis deskriptif, analisis regresi linier sederhana, analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi dan uji koefisien regresi secara bersamasama (Uji F). Dari hasil penelitian diketahui bahwa: (1) terdapat pengaruh literasi terhadap kemampuan menulis narasi dengan nilai thitung = 2,513, nilai signifikansi 0,032 < 0,05, dan kontribusi sebesar 19,74%; (2) terdapat pengaruh kaidah ejaan terhadap kemampuan menulis narasi dengan nilai thitung = 2,713 , nilai signifikansi 0,007 < 0,05, dan kontribusi sebesar 17,20%; dan (3) terdapat pengaruh literasi dan kaidah ejaan terhadap kemampuan menulis narasi dengan nilai Fhitung = 4,303, nilai signifikansi 0,015 < 0,05, dan kontribusi sebesar yaitu sebesar 12,74%. Simpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh pada literasi dan kaidah ejaan terhadap kemampuan menulis narasi pada siswa kelas V SDN Gugus Kresna Kecamatan Semarang Barat. Saran agar siswa daan guru lebih meningkatkan kegiatan literasi, penguasaan kaidah ejaan serta kemampuan menulis narasinya.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | literasi, kaidah ejaan, menulis narasi |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 22 Jan 2020 18:12 |
Last Modified: | 22 Jan 2020 18:12 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34656 |
Actions (login required)
View Item |