PENGEMBANGAN MEDIA BOOKLET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENEMUKAN GAGASAN POKOK SISWA KELAS IV SDN PATEMON 01 SEMARANG.


Roofi’u Nurhidayah , 1401415236 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA BOOKLET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENEMUKAN GAGASAN POKOK SISWA KELAS IV SDN PATEMON 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA BOOKLET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENEMUKAN GAGASAN POKOK SISWA KELAS IV SDN PATEMON 01 SEMARANG.]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA BOOKLET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENEMUKAN GAGASAN POKOK SISWA KELAS IV SDN PATEMON 01 SEMARANG.) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan membaca siswa di Indonesia masih rendah. Hal tersebut terbukti dari hasil identifikasi masalah pra penelitian yang dilakukan di kelas IV SDN Patemon 01 Semarang menunjukkan masih rendahnya hasil belajar siswa Bahasa Indonesia. Berdasarkan observasi, wawancara dan dokumentasi hasil belajar ditemukan bahwa siswa kesulitan menemukan gagasan pokok paragraf sehingga pembelajaran perlu ditingkatkan melalui pengembangan media pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan dan menguji keefektifan media booklet materi gagasan pokok paragraf di kelas IV. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Prosedur penelitian ini yaitu analyze, design, development, implementation dan evaluate. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Patemon 01, SDN Bringin 02, beserta dua ahli. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara, angket dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal, uji t-test, dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media booklet layak digunakan dengan skor penilaian komponen kelayakan media 95% dengan kriteria sangat layak dan penilaian kelayakan komponen isi materi 85% dengan kriteria sangat layak. Selain itu melalui analisis data menunjukkan bahwa media booklet efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan dari hasil thitung (6,141) > ttabel (2,052) berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.Skor N-Gain diperoleh 0,405 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah media booklet berhasil dikembangkan, layak digunakan, serta efektif meningkatkan hasil belajar materi menemukan gagasan pokok di kelas IV. Saran penelitian ini adalah media booklet materi gagasan pokok paragraf dapat dijadikan alternatif media pembelajaran materi gagasan pokok paragraf bagi peserta didik dan untuk penelitian selanjutnya dapat mengembangkan booklet pada pembelajaran lain dengan menyesuaikan materi yang diperlukan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Booklet; Membaca; Menemukan Gagasan Pokok.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 22 Jan 2020 14:32
Last Modified: 22 Jan 2020 14:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34652

Actions (login required)

View Item View Item