PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK BERBASIS PREVIEW, QUESTION, READING, REFLECT, RECITE, DAN REVIEW PADA PEMBELAJARAN MENEMUKAN GAGASAN POKOK DI KELAS 4 SD N SEKARAN 02


Faris Nur Khulafa , 1401415235 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK BERBASIS PREVIEW, QUESTION, READING, REFLECT, RECITE, DAN REVIEW PADA PEMBELAJARAN MENEMUKAN GAGASAN POKOK DI KELAS 4 SD N SEKARAN 02. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK BERBASIS PREVIEW, QUESTION, READING, REFLECT, RECITE, DAN REVIEW PADA PEMBELAJARAN MENEMUKAN GAGASAN POKOK DI KELAS 4 SD N SEKARAN 02 ]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK BERBASIS PREVIEW, QUESTION, READING, REFLECT, RECITE, DAN REVIEW PADA PEMBELAJARAN MENEMUKAN GAGASAN POKOK DI KELAS 4 SD N SEKARAN 02 ) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kompetensi membaca pembelajar di Indonesia masih rendah. Terbukti dari identifikasi masalah yang dilakukan di kelas 4 SDN Sekaran 02. Rendahnya nilai UAS muatan bahasa Indonesia mengindikasikan kualitas pembelajaran perlu ditingkatkan. Melalui wawancara guru dan siswa, ditemukan bahwa materi menemukan gagasan pokok cukup sulit diajarkan dan perlu adanya pengembangan media pembelajaran. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah mengembangkan, menguji kelayakan, dan keefektifan pop up book berbasis PQ4R sebagai media pembelajaran menemukan gagasan pokok di kelas 4. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model Borg dan Gahl. Prosedur penelitian ini yaitu penelitian dan pengumpulan data; perencanaan; pengembangan kerangka produk; uji coba lapangan awal; merevisi hasil uji coba; menguji keefektifan. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas 4 SD N Ngadirgo 03, SD N Sekaran 01, SD N Sekaran 02, dan SD N Sadeng0 3, dengan rincian tiga guru dan 74 siswa, beserta dua ahli. Pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis data awal dan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pop up book berbasis PQ4R berhasil dikembangkan sesuai dengan analisis kurikulum, media, dan pengguna. Pop up book juga layak digunakan dengan persentase skor 95% dari ahli materi dan media. Respon yang diberikan guru maupun siswa berada pada kategori sangat baik dengan persentase skor 94% (guru) dan 85% (siswa). Selain itu, melalui analisis data diketahui bahwa pop up book efektif meningkatkan hasil belajar. Hal tersebut dibuktikan oleh nilai signifikansi yang didapat yaitu 0,000 < 0,005, sehingga diinterpretasikan ada perbedaan signifikan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan pop up book berbasis PQ4R. Simpulan penelitian ini adalah pop up book berhasil dikembangkan, layak digunakan, serta efektif meningkatkan hasil belajar materi menemukan gagasan pokok di kelas 4. Saran penelitian ini adalah pop up book berbasis PQ4R dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan sebagai media pembelajaran menemukan gagasan pokok di kelas 4, variasi teknik pembuatan pop up book berbasis PQ4R serta uji keefektifan pop up book berbasis PQ4R dapat diteliti lebih lanjut menggunakan metode eksperimen kuasi/murni.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: gagasan pokok, pop up book, PQ4R.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 22 Jan 2020 14:26
Last Modified: 22 Jan 2020 14:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34651

Actions (login required)

View Item View Item