PENGARUH MOTIVASI DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD SE-DABIN III KECAMATAN TEGAL TIMUR KOTA TEGAL


Dyah Shifa Istiqomah , 1401415234 (2019) PENGARUH MOTIVASI DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD SE-DABIN III KECAMATAN TEGAL TIMUR KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MOTIVASI DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD SE-DABIN III KECAMATAN TEGAL TIMUR KOTA TEGAL]
Preview
PDF (PENGARUH MOTIVASI DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD SE-DABIN III KECAMATAN TEGAL TIMUR KOTA TEGAL) - Published Version
Download (759kB) | Preview

Abstract

Indikator keberhasilan dari suatu proses belajar dapat dilihat dari tingginya hasil belajar yang diperoleh siswa. Hasil belajar merupakan hasil dari proses belajar siswa, diantaranya pelajaran matematika. Terdapat beberapa faktor yang memengaruhi hasil belajar diantaranya motivasi dan disiplin belajar. Motivasi dan disiplin belajar merupakan faktor internal yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar, termasuk matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan disiplin belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD se-Dabin III Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis ex post facto. Populasi dalam dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD se-Dabin III Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal yang berjumlah 198 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik probability sampling dengan jenis proportionate stratified random sampling, sehingga didapatkan sampel sebanyak 133 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi untuk hasil belajar matematika dan angket tertutup dengan skala likert empat pilihan jawaban untuk motivasi belajar serta disiplin belajar. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis korelasi sederhana, analisis regresi sederhana, analisis korelasi berganda, analisis regresi berganda, koefisien determinasi, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh positif antara motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika ditunjukkan dengan thitung > ttabel yaitu 3,236 > 1,978 dan korelasi keduanya sebesar 0,272 atau rendah. Besar sumbangan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika sebesar 7,4%; (2) ada pengaruh positif antara disiplin belajar terhadap hasil belajar matematika ditunjukkan dengan thitung > ttabel yaitu 3,557 > 1,978 dan korelasi keduanya sebesar 0,297 atau rendah. Besar sumbangan disiplin belajar terhadap hasil belajar matematika sebesar 8,8%; (3) ada pengaruh positif antara motivasi belajar dan hasil belajar matematika ditunjukkan dengan Fhitung > Ftabel (6,668 > 3,065) dan korelasi ganda dalam kategori rendah (0,305). Besar sumbangan motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar matematika sebesar 9,3%. Berdasarkan hasil penelitian, maka semua pihak baik sekolah, guru maupun orang tua hendaknya memerhatikan dan meningkatkan motivasi dan disiplin belajar siswa, sehingga dapat mencapai hasil belajar matematika yang lebih optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: disiplin belajar, hasil belajar matematika, motivasi belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 22 Jan 2020 14:18
Last Modified: 22 Jan 2020 14:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34650

Actions (login required)

View Item View Item