Kontribusi Tata Tertib Sekolah dan Sikap Disiplin Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Pangudi LuhurAmbarawa Semester I Tahun Pelajaran 200412005.

SUHARJONO, 1401901108 (2005) Kontribusi Tata Tertib Sekolah dan Sikap Disiplin Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Pangudi LuhurAmbarawa Semester I Tahun Pelajaran 200412005. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Kontribusi Tata Tertib Sekolah dan Sikap Disiplin Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Pangudi LuhurAmbarawa Semester I Tahun Pelajaran 200412005.) - Published Version
Download (70Kb)

    Abstract

    Latar belakang penulisan skripsi ini didorong oleh keinginan pribadi sebagai seorang guru untuk mengetahui dan mengungkap permasalahan secara langsung kontribusi tata tertib sekolah dan sikap disiplin terhadap prestasi belajar siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah "Bagaimanakah hubungan kontribusi tata tertib sekolah dan sikap disiplin terhadap prestasi belajar siswa kelas V semester I tahun pelajaran 2004/2005 Sekolah Dasar Pangudi Luhur Ambarawa". Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan hubungan kontribusi tata tertib sekolah dan sikap disiplin terhadap prestasi belajar siswa kelas V seniester I tahun pelajaran 2004/2005 Sekolah Dasar Pangudi Luhur Ambarawa. Manfaat penelitian teoritis bagi peneliti yaitu untuk memperoleh bahan yang diperlukan dalam penulisan skripsi, serta pengembangan di bidang pendidikan. Sedangkan manfaat praktis adalah sebagai masukan dalam melaksanakan bimbingan kepada siswa sekolah dasar, untuk meningkatkan kesadaran dalam mematuhi peraturan atau tata tertib sekolah serta melaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari khususnya di sekolah. Metode penelitian dalam bentuk penelitian kualitatif mengetahui ada tidaknya hubungan dua variabel. Upaya memperoleh data dengan mengunakan angket, dokumentasi, uji validitas dan reliabilitas. Dalam Menentukan obyek penelitian, sebagai Populasi adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Pangudi Luhur Ambarawa, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, Tahun Pelajaran 2004/2005. Dalam menentukan jumlah sampel digunakan tabel Krejcie dan Morgan yaitu dari 95 siswa diambil sampel 76 siswa. Dari hasil penelitian ini, setelah data terkumpul langkah selanjutnya adalah mengolah data tersebut dengan analisa deskriptif prosentase dan korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisa data diperoleh angka sebesar 0,528. setelah dikonsultasikan dengan r tabel product moment, taraf signifikan 5% yang menunjukkan nilai 0,226, sehingga diketahui bahwa r hitung lebill besar dari r tabel. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi "Kontribusi tata tertib sekolah dan sikap disiplin di Sekolah Dasar Pangudi Luhur Ambarawa Semester I Tahun Pelajaran 2004/2005 mempunyai hubungan yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas V" dapat diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada korelasi yang positif dan signifikan antara tata tertib sekolah dan sikap disiplin terhadap prestasi belajar siswa kelas V di Sekolah Dasar Pangudi Luhur Ambarawa Semester I Tahun Pelajaran 2004/2005. Saran bagi sekolah, mengingat adanya korelasi antara. kontribusi tata. tertib sekolah dan sikap disiplin sism,a serta. prestasi belajarnya, hendaknya sekolah meningkatkwi pelaksanaan tata tertib di sekolah. Agar kedisiplinan siswa. terhadap tata. tertib sekolah dapat dikembangkan sebagai bentuk peningkatan prestasi, maka perlu dipaharni dan disosialisasikan kepada, warga, sekolah, orang tua. dan masyarakat. Bagi siswa, diharapkan memahami arti serta. manfaat tata. tertib sekolah serta. melaksanakannya dengan penuh kesadaran, agar tercipta. situasi dan kondisi sekolah yang kondusif, seliingga tercapai siswa. memiliki sikap disiplin serta menliliki prestasi belajar yang tinggi. Bagi orang tua. diharapkan dapat terlibat dalam pelaksanaan tata tertib sekolah dalam bentuk usaha, pengawasan serta memberi pengertian kepada, anaknya di rumah.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Tata tertib sekolah, sikap disiplin, prestasi belajar.
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 16 Aug 2011 02:58
    Last Modified: 16 Aug 2011 02:58

    Actions (login required)

    View Item