PENGARUH GAYA BELAJAR DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS V SDN se-GUGUS PATTIMURA KECAMATAN TALANG KABUPATEN TEGAL


Laeli Maulida Sani , 1401415232 (2019) PENGARUH GAYA BELAJAR DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS V SDN se-GUGUS PATTIMURA KECAMATAN TALANG KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH GAYA BELAJAR DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS V SDN se-GUGUS PATTIMURA KECAMATAN TALANG KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (PENGARUH GAYA BELAJAR DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS V SDN se-GUGUS PATTIMURA KECAMATAN TALANG KABUPATEN TEGAL) - Published Version
Download (924kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan kemampuan yang diperoleh siswa setelah ia melakukan kegiatan belajar yang dinyatakan dalam bentuk skor hasil tes pada mata pelajaran tertentu. Berdasarkan hasil wawancara dengan beberapa guru kelas V SDN se-Gugus Pattimura Kecamatan Talang Kabupaten Tegal, diperoleh informasi bahwa hasil belajar PPKn siswa kelas V masih relatf rendah. Hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah gaya belajar dan kedisiplinan belajar siswa yang belum diterapkan selama proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas V SDN se-Gugus Pattimura Kecamatan Talang Kabupaten Tegal. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode ex post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN se-Gugus Pattimura Kecamatan Talang Kabupaten Tegal sebanyak 255 siswa dengan jumlah sampel penelitian 155 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan jenis proportionate stratified random sampling. Pengujian hipotetsis dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi sederhana, analisis regresi sederhana, analisis korelasi berganda, analisis regresi berganda, koefisien determinasi (R2), dan uji koefisien regresi secara bersama-sama (Uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh yang positif dan signifikan gaya belajar terhadap hasil belajar PPKn yang ditunjukkan dengan nilai thitung>ttabel (3,073>1,975) dengan pengaruh sebesar 5,8%; (2) ada pengaruh yang signifikan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar PPKn yang ditunjukkan dengan nilai thitung>ttabel (2,187>1,975) dengan pengaruh sebesar 3,0%; (3) ada pengaruh yang signifikan gaya belajar dan kedisiplinan belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung>Ftabel (5,417>3,056) dengan pengaruh sebesar 6,7%. Disimpulkan bahwa gaya belajar dan kedisiplinan belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas V SDN se-Gugus Pattimura Kecamatan Talang Kabupaten Tegal. Saran peneliti harus ada kerjasama yang baik antara guru, pihak sekolah, dan orang tua, tentang gaya belajar dan kedisiplinan belajar yang dimiliki siswa dalam belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: gaya belajar; hasil belajar; kedisiplinan belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 22 Jan 2020 14:10
Last Modified: 22 Jan 2020 14:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34649

Actions (login required)

View Item View Item