PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP KREATIVITAS DAN MINAT BELAJAR SBdP SISWA KELAS IV SD NEGERI SE GUGUS SUDIRMAN KECAMATAN KEJOBONG KABUPATEN PURBALINGGA


Puji Astuti , 1401415229 (2019) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP KREATIVITAS DAN MINAT BELAJAR SBdP SISWA KELAS IV SD NEGERI SE GUGUS SUDIRMAN KECAMATAN KEJOBONG KABUPATEN PURBALINGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP KREATIVITAS DAN MINAT BELAJAR SBdP SISWA KELAS IV SD NEGERI SE GUGUS SUDIRMAN KECAMATAN KEJOBONG KABUPATEN PURBALINGGA]
Preview
PDF (PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP KREATIVITAS DAN MINAT BELAJAR SBdP SISWA KELAS IV SD NEGERI SE GUGUS SUDIRMAN KECAMATAN KEJOBONG KABUPATEN PURBALINGGA) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan bagi manusia berlangsung sepanjang hayat. Seorang individu juga memengaruhi dan dipengaruhi oleh lingkungan di mana individu tersebut berada, dengan demikian baik perubah di dalam individu maupun di dalam lingkungan dapat menunjang atau dapat menghambat upaya kreatif dalam mengembangkan dirinya. Implikasinya ialah bahwa kemampuan kreatif dapat ditingkatkan melalui pendidikan. Kreativitas dipengaruhi salah satunya oleh minat. Minat memiliki pengaruh yang besar terhadap aktivitas belajar. Cara guru dalam mengelola pembelajaran didalam kelas juga akan mempengaruhi kreativitas dan minat yang ada dalam diri siswa. Kegiatan pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) di SDN se Gugus Sudirman Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga belum berjalan dengan lancar karena kurangnya kreativitas dan minat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran SBdP khususnya Seni Rupa. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap kreativitas dan minat belajar SBdP siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian ex post facto. Penelitian dilaksanakan di SDN se Gugus Sudirman Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN se Gugus Sudirman Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga yang berjumlah 188 siswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling dengan hasil sampel penelitian sebanyak 128 siswa. Metode analisis data penelitian ini meliputi uji prasyarat analisis terdiri atas uji normalitas dan linearitas, serta analisis akhir berupa regresi linier sederhana, analisis korelasi sederhana, koefisien determinan dan uji T. Hasil uji hipotesis pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap kreativitas siswa thitung > ttabel (6,764 > 1,98), berarti H0 ditolak. Hasil uji hipotesis pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap minat belajar SBdP thitung > ttabel (6,061 > 1,98), berarti H0 ditolak. Hasil uji hipotesis hubungan kreativitas dengan minat belajar SBdP diperoleh thitung > ttabel (14,724 > 1,98), berarti H0 ditolak. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik guru berpengaruh terhadap kreativitas dan minat belajar SBdP. Hendaknya ada kerjasama antara guru, pihak sekolah, dan keluarga untuk dapat mengembangkan kreativitas dan menumbuhkan minat belajar siswa pada kegiatan pembelajaran SBdP khususnya Seni Rupa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik Guru; Kreativitas; Minat Belajar; SBdP.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 22 Jan 2020 14:00
Last Modified: 22 Jan 2020 14:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34645

Actions (login required)

View Item View Item