KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI KARYA SENI RUPA TEKNIK TEMPEL DI SDN 06 PETARUKAN KABUPATEN PEMALANG


Mardiyana , 1401415224 (2019) KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI KARYA SENI RUPA TEKNIK TEMPEL DI SDN 06 PETARUKAN KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI KARYA SENI RUPA TEKNIK TEMPEL DI SDN 06 PETARUKAN KABUPATEN PEMALANG]
Preview
PDF (KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI KARYA SENI RUPA TEKNIK TEMPEL DI SDN 06 PETARUKAN KABUPATEN PEMALANG) - Published Version
Download (774kB) | Preview

Abstract

Mampu menampilkan kreatifitas sebagai salah satu tujuan pembelajaran seni rupa harus dibiasakan sejak siswa di sekolah dasar (SD). Keterampilan membuat karya seni rupa pada siswa SD dapat dikembangkan melalui pembelajaran karya seni rupa teknik tempel. Permasalahannya siswa kelas IV SD masih mengalami kesulitan dalam pembelajaran karya seni rupa teknik tempel. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan belajar siswa pada materi karya seni rupa teknik tempel, penyebab serta upaya mengurangi kesulitan tersebut. Penelitian dilakukan di SDN 06 Petarukan dengan populasi siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen pedoman wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan model Miles and Hubberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian memeroleh kesimpulan tentang berbagai jenis kesulitan, faktor penyebab serta upaya untuk meminimalisasi kesulitan tersebut. Kesulitan belajar siswa pada materi karya seni rupa teknik tempel terbagi menjadi tiga tahap yaitu tahap persiapan pembuatan karya, tahap pembuatan karya, dan tahap penyajian hasil karya. Faktor penyebab kesulitan terdiri dari faktor internal dan eksternal. Faktor internal yang dimaksud adalah minat dan keterampilan siswa. Faktor eksternal yang dimaksud adalah pengelolaan kelas yang mencakup tiga aspek yaitu suasana pembelajaran, kondisi kelas, dan tindak lanjut hasil belajar Upaya yang dapat dilakukan guru meliputi, melakukan identifikasi permasalahan kesulitan belajar siswa, menjelaskan tentang pengertian karya seni rupa teknik tempel, mendemonstrasikan langkah-langkah pembuatan karya seni rupa teknik tempel, menerapkan pembelajaran kooperatif, pemberian bimbingan secara kelompok, pemberian motivasi dan reward serta punishment kepada siswa. Pengetahuan tentang jenis kesulitan dan penyebab dapat dijadikan referensi bagi guru untuk menentukan upaya yang tepat, sehingga kesulitan belajar siswa pada materi karya seni rupa teknik tempel dapat terminimalisasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar; Karya Seni Rupa; Teknik Tempel
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 22 Jan 2020 13:56
Last Modified: 22 Jan 2020 13:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34644

Actions (login required)

View Item View Item