PENGARUH KREATIVITAS GURU DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS WIDYA UTAMA KECAMATAN RAWALO KABUPATEN BANYUMAS


Vera Dwi Apriana , 1401415222 (2019) PENGARUH KREATIVITAS GURU DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS WIDYA UTAMA KECAMATAN RAWALO KABUPATEN BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KREATIVITAS GURU DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS WIDYA UTAMA KECAMATAN RAWALO KABUPATEN BANYUMAS]
Preview
PDF (PENGARUH KREATIVITAS GURU DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS WIDYA UTAMA KECAMATAN RAWALO KABUPATEN BANYUMAS) - Published Version
Download (912kB) | Preview

Abstract

Keberhasilan siswa dalam belajar dapat dilihat dari hasil belajar siswa. Hasil belajar merupakan perubahan tingkah laku yang diperoleh setelah mengalami kegiatan belajar. Tinggi rendahnya hasil belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu kreativitas guru dan kebiasaan belajar siswa. Guru merupakan salah satu faktor eksternal yang memengaruhi hasil belajar siswa, dan kebiasaan belajar merupakan salah satu faktor internal yang memengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kreativitas guru dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas IV SD se-Gugus Widya Utama Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD se-Gugus Widya Utama Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas yang berjumlah 197 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling, dengan perolehan jumlah sampel sebanyak 136 siswa. Pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi sederhana, analisis regresi sederhana, analisis korelasi berganda, analisis regresi berganda, analisis determinan (R2), dan uji koefisien regresi secara bersama-sama (uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang signifikan antara kreativitas guru terhadap hasil belajar PPKn siswa yang dibuktikan dengan perolehan nilai thitung > tabel (5,080 > 1,977) dari hasil uji regresi sederhana dengan taraf signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05); 2) terdapat pengaruh yang signifikan antara kebiasaan belajar terhadap hasil belajar PPKn siswa yang dibuktikan dengan perolehan nilai thitung > tabel (5,344 > 1,977) dari hasil uji regresi sederhana dengan taraf signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05); 3) terdapat pengaruh yang signifikan antara kreativitas guru dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar PPKn siswa yang dibuktikan dari hasil uji F dengan perolehan nilai Fhitung > Ftabel (18,893 > 3,064). Jadi, dapat disimpulkan bahwa kreativitas guru dan kebiasaan belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar PPKn siswa. Saran penulis, guru hendaknya meningkatkan kreativitasnya dalam pembelajaran, misalnya dengan cara memvariasikan proses pembelajaran, seperti menggunakan metode mengajar yang bervariasi, menggunakan media pembelajaran yang menarik, dan melibatkan siswa dalam penggunaan media, serta guru diharapkan dapat menanamkan kebiasaan belajar yang baik pada siswa, misalnya dengan membiasakan siswa untuk membaca sebelum pelajaran dimulai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar. kebiasaan belajar. kreativitas guru.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 22 Jan 2020 13:51
Last Modified: 22 Jan 2020 13:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34643

Actions (login required)

View Item View Item