KEEFEKTIFAN MODEL MAKE A MATCH BERBANTU MEDIA POWERPOINT PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN GUCI 01 KABUPATEN TEGAL


Al Fidyatus Solikhah , 1401415219 (2019) KEEFEKTIFAN MODEL MAKE A MATCH BERBANTU MEDIA POWERPOINT PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN GUCI 01 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL MAKE A MATCH BERBANTU MEDIA POWERPOINT PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN GUCI 01 KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL MAKE A MATCH BERBANTU MEDIA POWERPOINT PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN GUCI 01 KABUPATEN TEGAL) - Published Version
Download (929kB) | Preview

Abstract

Pada dasarnya, IPA merupakan kajian tentang konsep-konsep yang berkaitan dengan alam semesta beserta isinya,yang dipelajari melalui pengamatan, serta menggunakan prosedur dan dijelaskan dengan penalaran sehingga memeroleh kesimpulan. Melalui pembelajaran IPA, siswa dapat memeroleh pengetahuan, keterampilan dan kepekaan di dalam lingkungan. Salah satu faktor yang memengaruhi pembelajaran IPA kurang maksimal yaitu dalam pembelajaran IPA guru masih menerapkan model pembelajaran konvensional, hal tersebut berpengaruh pada motivasi dan hasi belajar siswa. Oleh karena itu, perlu adanya inovasi dalam pembelajaran, salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran Make A Match. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Make A Match terhadap motivasi dan hasil belajar IPA kelas V SDN Guci 01 Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi eksperimental design dengan bentuk non equivalent control grup design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VA dan kelas VB SDN Guci 01 Kabupaten Tegal. Sampel pada penelitian ini menggunakan semua anggota populasi (sampling jenuh), yang berjumlah 78 siswa, terdiri dari 39 siswa kelas eksperimen dan 39 siswa kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes, angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis statistik yang digunakan yaitu Cronbach’s Alpha untuk uji validitas dan Uji Lilliefors untuk menguji normalitas data, uji Levene Test untuk uji homogenitas, uji Independent Samplest-test dan uji One Sample t-testuntuk uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil uji hipotesis perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa. Hasil uji hipotesis perbedaan motivasi belajar menggunakan Independent Samples t-testmenunjukan thitung>ttabel (3,648> 1,992) dan nilai signifikansi 0,016< 0,05, sedangkan uji keefektifan terhadap motivasi belajar menggunakan uji One Sample t-test menunjukan nilai thitung> t tabel (5,176 > 1,686). Hasil uji perbedaan hasil belajar menggunakan Independent Samples t-test menunjukan thitung> ttabel (3,320 > 1,992) dan nilai signifikansi 0,001 < 0,05, sedangkan uji keefektifan terhadap hasil belajar menggunakan uji One Sample t-test menunjukan thitung> ttabel (4,348 > 1,686). Dapat disimpulkan bahwa model Make A Match efektif terhadap motivasi dan hasil belajar IPA materi daur air pada siswa kelas V SDN Guci 01 Kabupaten Tegal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Model Make A Match, Motivasi belajar, powerpoint
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 22 Jan 2020 13:46
Last Modified: 22 Jan 2020 13:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34642

Actions (login required)

View Item View Item