PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAYA DAN GERAK BERBASIS JOOMLA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IVB SDN PURWOYOSO 03 SEMARANG


Bekti Nugroho , 1401415217 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAYA DAN GERAK BERBASIS JOOMLA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IVB SDN PURWOYOSO 03 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAYA DAN GERAK BERBASIS JOOMLA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IVB SDN PURWOYOSO 03 SEMARANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAYA DAN GERAK BERBASIS JOOMLA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IVB SDN PURWOYOSO 03 SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan salah satu muatan pelajaran yang ada di dalam kurikulum 2013. Sikap ilmiah dalam IPA merupakan hal penting yang harus diterapkan dalam pembelajaran pada muatan ini. Berdasarkan pra-penelitian di kelas IVB SDN Purwoyoso 03 Semarang ditemukan nilai rata-rata kelas paling rendah yaitu pada muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan rata-rata kelas 53. Selain, itu berdasarkan hasil wawancara bersama Guru Kelas IVB, permasalahan yang terjadi dalam muatan pelajaran IPA kelas IVB adalah kurangnya semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran IPA. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengembangan, kelayakan, dan keefektifan media pembelajaran gaya dan gerak berbasis joomla untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas IVB? Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan, mengkaji kelayakan, dan menguji pengaruh media pembelajaran gaya dan gerak berabsis joomla untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IVB SDN Purwoyoso 03 Semarang. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Prosedur penelitian ini yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IVB sebanyak 30 siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara, dokumen dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis data awal, uji hipotesis, dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran gaya dan gerak berbasis joomla layak digunakan dengan skor penilaian kelayakan isi materi mendapatkan persentase 79% dan kelayakan penyajian media mendapatkan persentase 84%. media pembelajaran gaya dan gerak berbasis joomla berpengaruh terhadap hasil belajar dengan perbedaan rata-rata melalui uji t sebesar 14,113 dan n-gain sebesar 0,49 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah media pembelajaran gaya dan gerak berbasis joomla berpengaruh terhadap hasil belajar IPA kelas IVB. Saran penelitian selanjutnya dapat menerapkan media pembelajaran berbasis joomla pada pembelajaran lain dengan menyesuaikan isi materi yang akan diajarkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Joomla; Hasil Belajar IPA; Gaya dan Gerak
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 22 Jan 2020 13:39
Last Modified: 22 Jan 2020 13:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34641

Actions (login required)

View Item View Item