PENGARUH INTERAKSI SOSIAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS V SD GUGUS CIK DITIRO KECAMATAN TEGAL SELATAN KOTA TEGAL


Lutfi Indriyani , 1401415208 (2019) PENGARUH INTERAKSI SOSIAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS V SD GUGUS CIK DITIRO KECAMATAN TEGAL SELATAN KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH INTERAKSI SOSIAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS V SD GUGUS CIK DITIRO KECAMATAN TEGAL SELATAN KOTA TEGAL]
Preview
PDF (PENGARUH INTERAKSI SOSIAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS V SD GUGUS CIK DITIRO KECAMATAN TEGAL SELATAN KOTA TEGAL) - Published Version
Download (615kB) | Preview

Abstract

Perubahan manusia menjadi lebih baik disebut sebagai hasil belajar. Hasil belajar dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Salah satu faktor internal belajar adalah motivasi yang berarti suatu dorongan mental yang menjadikan manusia untuk melakukan suatu hal. Sedangkan satu faktor eksternal yang mempengaruhi hasil belajar adalah interaksi sosial yang disebut juag suatu hubungan yang dilakukan oleh manusia untuk saling mempengaruhi satu sama lain. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh interaksi sosial dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PPKn. Metode yang digunkan yaitu ex post facto dengan jenis penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Gugus Cik Ditiro sejumalah 167 dengan sampel penelitian sejumlah 120. Teknik pengumpulan data penelitian yaitu wawancara tidak terstruktur, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Analisis deskriptif bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai masing-masing variabel. Uji prasyarat meliputi uji normalitas, linearitas, multikolinearitas, dan heteroskedastistas. Sedangkan uji hipotesis bertujuan untuk mengetahui hubungan dan pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Uji hipotesis meliputi uji korelasi sederhana, regresi sederhana, korelasi berganda, regresi berganda, koefisien determinasi, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara interaksi sosial terhadap hasil belajar PPKn sebesar 87,9%; (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar PPKn sebesar 62,5%; dan (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara interaksi sosial dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PPKn sebesar 90,2%. Jadi disimpulakan bahwa interaksi sosial dan motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas V SD Gugus Cik Ditiro Kecamatan Tegal Selatan Kota Tegal. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada sekolah dan guru untuk membantu siswanya meningkatkan interaksi sosial dan motivasi belajar yang dimiliki oleh siswa sehingga hasil belajar siswa dapat tercapai dengan lebih optimal dengan cara memantau dan membimbingnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Interaksi Sosial, Motivasi Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 22 Jan 2020 13:28
Last Modified: 22 Jan 2020 13:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34640

Actions (login required)

View Item View Item