Pengaruh Pemanfaatan Koleksi Perpustakaan terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Pangudi Luhur Bernardus Semarang.


Dwi Wijoyunanto YF., 140190110 (2005) Pengaruh Pemanfaatan Koleksi Perpustakaan terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Pangudi Luhur Bernardus Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Pemanfaatan Koleksi Perpustakaan terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Pangudi Luhur Bernardus Semarang.]
Preview
PDF (Pengaruh Pemanfaatan Koleksi Perpustakaan terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Pangudi Luhur Bernardus Semarang.) - Published Version
Download (73kB) | Preview

Abstract

Prestasi belajar pada hakikatnya merupakan hasil akhir dari aktivitas belajar dan pembelajaran. Peningkatan prestasi belajar siswa ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan koleksi perpustakaan yang ada di sekolahnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan koleksi perpustakaan terhadap prestasi belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Pangudi Luhur Bernardus Semarang. Penelitian ini didesain sebagai penelitian eksperimen model static group comparison. Siswa sebagai subyek penelitian dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok siswa yang pertama diminta untuk membaca berbagai bacaan mengenai materi pelajaran tentang Eenergi dan Perubahannya di perpustakaan, sedangkan kelompok siswa yang kedua tidak diperlakukan demikian. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Pangudi Luhur Bernardus Semarang. Keseluruhan populasi ada 193 anak. Penetapan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive random sampling sebanyak 20 % dari keseluruhan populasi sehingga diperoleh sampel sebanyak 40 anak. Sampel tersebut dipilih dari siswa yang menduduki ranking 1 sampai dengan rangking 10 pada masing-masing kelas, dengan demikian kelompok pertama sebanyak 20 siswa sebagai kelompok eksperimen dengan kelompok kedua sebanyak 20 siswa sebagai kelompok kontrol merupakan kelompok yang setara (ekuivalen). Data yang berupa kemampuan siswa dalam materi pelajaran Energi dan Perubahannya dikumpulkan melalui tes objektif dan dianalisis dengan menggunakan t tes. Hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Ada perbedaan rerata nilai secara signifikan pada kelompok siswa kelas V yang tidak memanfaatkan koleksi perpustakaan dan kelompok siswa kelas V yang memanfaatkan koleksi perpustakaan di Sekolah Dasar Pangudi Luhur Bernardus Semarang. Rerata nilai siswa yang memanfaatkan koleksi perpustakaan sebesar 9,4 lebih tinggi dibanding rerata nilai kelompok siswa yang tidak memanfaatkan koleksi perpustakaan sebesar 7,65; (2) Keadaan tersebut menunjukkan bahwa pemanfaatan koleksi perpustakaan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa; (3) Hal itu dapat digunakan sebagai rujukan bagi upaya-upaya mengintensifkan pemanfaatan koleksi perpustakaan guna meningkatkan prestasi belajar siswa. Berdasarkan simpulan di atas disarankan: (1) Guru Sekolah Dasar Pangudi Luhur Bernardus Semarang.harus mengintensifkan pemanfaatan koleksi perpustakaan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, misalnya menugaskan siswa mencari informasi berkaitan dengan pelajaran tertentu; (2) Perlu ada kerjasama yang baik antara guru dan pengelola perpustakaan Sekolah Dasar Pangudi Luhur Bernardus Semarang.dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, misalnya dalam hal pemilihan dan penyediaan bahan pustaka untuk melatih siswa mencari informasi tertentu karena pada hakikatnya sekolah adalah suatu sistem yang terdiri atas komponen-komponen yang saling berhubungan dan berinteraksi; (3) Perpustakaan Sekolah Dasar Pangudi Luhur Bernardus Semarang. perlu dikelola secara baik sehingga menimbulkan ketertarikan siswa terhadap bacaan yang menjadi koleksinya, misalnya dengan penataan ruang yang menyenangkan, penataan koleksinya yang benar agar mudah ditemukan dan ditempatkan kembali, serta diupayakan dilengkapi koleksi yang bersifat hiburan; dan (4) Karena berbagai keterbatasan sehingga penelitian ini belum dapat mengungkap secara tuntas tentang pengaruh pemanfaatan koleksi perpustakaan terhadap peningkatan prestasi belajar siswa, maka peneliti lain perlu mengembangkannya, misalnya melakukan penelitian pada kelas atau sekolah lain dalam bidang yang sama.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan, Prestasi Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2011 06:55
Last Modified: 16 Aug 2011 06:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3464

Actions (login required)

View Item View Item