ANALISIS KESESUAIAN BUKU TEKS BAHASA JEPUN MENENGAH RENDAH DENGAN STANDARD JAPAN FOUNDATION


Ryvalni Haryanto , 2302414059 (2019) ANALISIS KESESUAIAN BUKU TEKS BAHASA JEPUN MENENGAH RENDAH DENGAN STANDARD JAPAN FOUNDATION. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of ANALISIS KESESUAIAN BUKU TEKS BAHASA JEPUN MENENGAH RENDAH DENGAN STANDARD JAPAN FOUNDATION]
Preview
PDF (ANALISIS KESESUAIAN BUKU TEKS BAHASA JEPUN MENENGAH RENDAH DENGAN STANDARD JAPAN FOUNDATION) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Buku teks mempunyai banyak fungsi dalam pembelajaran, baik bagi guru yang mengajar maupun bagi siswa. Buku teks dapat dikatakan bermutu tinggi apabila memiliki kriteria-kriteria tertentu. Penyusunan buku teks yang sesuai dengan kriteria juga dilakukan dalam Pendidikan Bahasa Jepang. Bahkan di seluruh dunia termasuk Malaysia, buku teks Bahasa Jepang untuk orang asing biasanya mengikuti Standard Japan Foundation. Japan Fondation telah menentukan tingkatan-tingkatan kemampuan yang harus dicapai dalam pembelajaran bahasa Jepang. Tingkatan tersebut disebut JF Can-do. JF Can-do biasanya menjadi acuan bagi penyusunan buku teks pelajaran bahasa Jepang. Berdasarkan pengalaman peneliti saat Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di Malaysia, Buku teks yang digunakan untuk Sekolah Menengah di Malaysia adalah Buku Teks Bahasa Jepun Menengah Rendah. Buku tersebut telah diterbitkan secara resmi oleh Kementrian Pendidikan Malaysia yang berstandarkan Kurikulum Standard Sekolah Menengah (KSSM). Buku tersebut baru diterbitkan pada tahun 2017 dan baru diterapkan untuk tingkatan 1 oleh karena itu buku teks tersebut belum teruji kesesuaiannya dengan Standard Japan Foundation yang merupakan standar pembelajaran bahasa Jepang seluruh dunia. Penelitian deskriptif kualitatif ini, bertujuan untuk mengetahui kesesuaian buku teks bahasa jepun menengah rendah dengan Standard Japan Foundation. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis isi yang mengumpulkan dan menganalisis isi buku teks bahasa jepun menengah rendah dengan Standard Japan Foundation dan juga KSSM Malaysia. Berdasarkan hasil analisis, ada 4 bab dan 3 materi pengantar yang sesuai dengan JF Can-do dan juga sesuai dengan standar pembelajaran Bahasa Jepang pada KSSM Malaysia karena terdapat kemampuan berbicara, menulis, membaca, mendengar dan ada 1 bab yang tidak sesuai dengan JF Can-do karena tidak ada Can-do yang cocok dengan bab tersebut tetapi bab tersebut sesuai dengan standar pembelajaran Bahasa Jepang pada KSSM di Malaysia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Buku Teks Bahasa Jepun Menengah Rendah, KSSM, Standard Japan Foundation
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 22 Jan 2020 14:09
Last Modified: 22 Jan 2020 14:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34639

Actions (login required)

View Item View Item