PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANGTUA DAN KONSEP DIRI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SD SE DABIN I KECAMATAN TALANG KABUPATEN TEGAL


Dessy Apriani , 1401415206 (2019) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANGTUA DAN KONSEP DIRI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SD SE DABIN I KECAMATAN TALANG KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANGTUA DAN KONSEP DIRI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SD SE DABIN I KECAMATAN TALANG KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANGTUA DAN KONSEP DIRI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SD SE DABIN I KECAMATAN TALANG KABUPATEN TEGAL) - Published Version
Download (965kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar siswa yang kurang optimal dapat disebabkan oleh faktor eksternal dan faktor internal, salah satu faktor eksternal yaitu tingkat pendidikan orangtua siswa yang tergolong rendah dan salah satu faktor internal yaitu konsep diri siswa yang tergolong negatif/rendah. Dengan latar belakang tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan orangtua dan konsep diri siswa terhadap hasil belajar IPS kelas IV SD se Dabin I Kecamatan Talang Kabupaten Tegal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ex post facto. Populasi berjumlah 323 siswa kelas IV sekolah dasar. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling tipe simple random sampling. Penentuan jumlah sampel dengan rumus Toro Yomane dengan taraf kesalahan 5%, diperoleh sampel sebanyak 184 siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan dokumentasi. Uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Pengujian hipotesis dengan uji analisis korelasi sederhana, analisis regresi sederhana, analisis korelasi ganda, analisis regresi ganda, analisis determinasi (R2), dan uji koefisien regresi secara bersama-sama (Uji F). Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara tingkat pendidikan orangtua dan konsep diri siswa terhadap hasil belajar IPS kelas IV SD se Dabin I Kecamatan Talang Kabupaten Tegal, dengan persentase pengaruh sebesar 4,5%; (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara konsep diri siswa terhadap hasil belajar IPS kelas IV SD se Dabin I Kecamatan Talang Kabupaten Tegal, dengan persentase pengaruh sebesar 20,3%; (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara tingkat pendidikan orangtua dan konsep diri siswa terhadap hasil belajar IPS Kelas IV SD se Dabin I Kecamatan Talang Kabupaten Tegal, dengan persentase pengaruh sebesar 23,3%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa tingkat pendidikan orangtua dan konsep diri siswa pada diri sosial tergolong rendah, maka disarankan bagi sekolah untuk mendorong orangtua agar meningkatkan pengetahuan baik melalui pendidikan formal maupun nonformal dengan mengadakan sosialisasi kepada orangtua terkait pentingnya pendidikan. Saran bagi guru untuk meningkatkan konsep diri siswa pada diri sosial (kerja kelompok) dengan memberikan arahan terkait kewajiban siswa sebagai ketua maupun anggota kelompok sebelum kerja kelompok dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Konsep Diri, Tingkat Pendidikan Orangtua
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 22 Jan 2020 13:25
Last Modified: 22 Jan 2020 13:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34637

Actions (login required)

View Item View Item