PERSEPSI SISWA TERHADAP MODUL NIHONGO KYOUKASHO SEBAGAI BAHAN AJAR BAHASA JEPANG KELAS X IPA IPS SMAK YSKI SEMARANG


Anggun Dwi Prasetio , 2302414044 (2019) PERSEPSI SISWA TERHADAP MODUL NIHONGO KYOUKASHO SEBAGAI BAHAN AJAR BAHASA JEPANG KELAS X IPA IPS SMAK YSKI SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PERSEPSI SISWA TERHADAP MODUL NIHONGO KYOUKASHO SEBAGAI BAHAN AJAR BAHASA JEPANG KELAS X IPA IPS SMAK YSKI SEMARANG]
Preview
PDF (PERSEPSI SISWA TERHADAP MODUL NIHONGO KYOUKASHO SEBAGAI BAHAN AJAR BAHASA JEPANG KELAS X IPA IPS SMAK YSKI SEMARANG) - Published Version
Download (706kB) | Preview

Abstract

Di Indonesia, Bahasa Jepang diajarkan di lembaga formal dan informal. Contohnya di lembaga formal yaitu SMA, SMK dan Universitas, sedangkan di lembaga informal yaitu LPK. Dewasa ini di SMA dan SMK, buku yang dipakai adalah buku Kira-Kira Nihongo, Sakura, Nihongo 1 dan 2, Namun ada juga yang menggunakan modul yang dibuat oleh guru disekolah tersebut, seperti di SMAK YSKI Semarang. Dari hasil observasi di dalam studi pendahuluan pada saat PPL (Praktek Pengalaman Lapangan) di sekolah tersebut, diketahui guru menggunakan bahan ajar modul Nihongo Kyoukasho. Modul tersebut telah digunakan sejak tahun 2016 sampai dengan sekarang di kelas X IPA dan IPS, sedangkan pada kelas XI dan XII IPA dan IPS menggunakan modul dan buku tambahan. Pada saat proses pembelajaran berlangsung dengan menggunakan modul tersebut, terdapat beberapa siswa yang antusias dengan pelajaran, tetapi tidak sedikit siswa yang kurang antusias dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara dengan beberapa siswa kelas X IPA dan IPS, diketahui bahwa modul yang diguakan belum dapat mendukung pembelajaran bahasa jepang. Hal tersebut mungkin dikarenakan persepsi siswa terhadap modul Nihongo Kyoukasho berbeda-beda. Dalam penelitian ini dikaji persepsi siswa terhadap modul Nihongo Kyoukasho dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini sebanyak 33 siswa, dengan rincian 18 siswa kelas X IPA dan 15 siswa kelas X IPS. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Hasil data yang diperoleh dianalisis dengan teknik deskriptif persentase. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa persepsi siswa terhadap modul Nihongo Kyoukasho sebagai bahan ajar Bahasa Jepang kelas X IPA IPS SMAK YSKI Semarang secara keseluruhan termasuk dalam kategori cukup positif yakni sebesar 42,4%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa terhadap modul Nihongo Kyoukasho sebagai bahan ajar Bahasa Jepang kelas X IPA IPS SMAK YSKI Semarang dikatakan cukup baik jika digunakan sebagai bahan ajar Bahasa Jepang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Siswa, Nihongo Kyoukasho, Modul
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 22 Jan 2020 14:12
Last Modified: 22 Jan 2020 14:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34636

Actions (login required)

View Item View Item