ANALISIS PENJEDAAN SUATU KALIMAT KETIKA MEMBACA SUATU BACAAN BERBAHASA JEPANG PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNNES ANGKATAN 2016


Arief Ardhiansyah , 2302414042 (2019) ANALISIS PENJEDAAN SUATU KALIMAT KETIKA MEMBACA SUATU BACAAN BERBAHASA JEPANG PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNNES ANGKATAN 2016. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of ANALISIS PENJEDAAN SUATU KALIMAT KETIKA MEMBACA SUATU BACAAN BERBAHASA JEPANG PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNNES ANGKATAN 2016]
Preview
PDF (ANALISIS PENJEDAAN SUATU KALIMAT KETIKA MEMBACA SUATU BACAAN BERBAHASA JEPANG PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNNES ANGKATAN 2016) - Published Version
Download (976kB) | Preview

Abstract

Penjedaan dalam bahasa Jepang disebut juga dengan” ポーズ”. Fungsi ” ポーズ” yaitu untuk memberikan jeda terhadap kata, frasa, klausa, dan kalimat. Jeda tersebut dapat memudahkan pembelajar bahasa Jepang untuk membaca suatu bacaan, khususnya bacaan berbahasa Jepang. Penjedaan tersebut ditandai dengan adanya tanda baca seperti 。(titik) , 、(koma), dan lain sebagainya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan penjedaan, serta penyebab terjadinya penjedaan yang dilakukan oleh mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Unnes angkatan 2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskripsi kualititatif digunakan untuk menganalisis dan mendeskripsikan penjedaan suatu kalimat yang dilakukan mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Unnes angkatan 2016. Pendekatan kuantitatif digunakan untuk menghitung hasil angket dan hasil analisis data audio. Populasi pada penelitian ini yaitu mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang BSA Unnes, dengan mengambil sampel 16 mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Unnes angkatan 2016. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu rekam audio dan angket. Rekam audio digunakan untuk menganalisis penjedaan kalimat yang dilakukan mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Unnes angkatan 2016 ketika membaca nyaring bacaan berbahasa Jepang. Angket digunakan untuk membantu peneliti mengetahui penyebab terjadinya penjedaan yang dilakukan mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Unnes angkatan 2016. Hasil penelitian ini yaitu 97,25% sampel masih melakukan kesalahan penjedaan, dan 2,75% sampel belum mengerti penjedaan dalam membaca suatu bacaan berbahasa Jepang. Penyebab kesalahan penjedaan ada empat faktor, yaitu kurangnya kemampuan membaca, kurangnya pengetahuan tentang penjedaan, kebiasaan membaca yang dimiliki sampel seperti selalu melakukan jeda setiap kali membaca partikel (女性の、男性も、家庭の仕事に, dan sebagainya), serta sikap mental yang dimiliki sampel seperti ragu-ragu ketika membaca, malu, dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Penjedaan.
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 22 Jan 2020 14:14
Last Modified: 22 Jan 2020 14:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34635

Actions (login required)

View Item View Item