PENGARUH EKSTRAKURIKULER BAHASA JEPANG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMAN 1 AMBARAWA
Sri Waryanti , 2302414024 (2019) PENGARUH EKSTRAKURIKULER BAHASA JEPANG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMAN 1 AMBARAWA. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PENGARUH EKSTRAKURIKULER BAHASA JEPANG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMAN 1 AMBARAWA)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Keberhasilan belajar mengajar dipengaruhi oleh minat belajar siswa. Minat belajar siswa merupakan faktor yang mempengaruhi kebarhasilan belajar dan terbentuk dalam diri siswa. Apabila minat belajar siswa cukup tinggi, maka hasil belajar siswa juga akan tinggi. Hasil belajar siswa SMA N 1 Ambarawa memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Hal tersebut membuat penulis menduga bahwa hasil belajar siswa dipengaruhi oleh kegiatan ekstrakurikuler Bahasa Jepang. Proses pembelajaran yang dilakukan sudah sesuai dengan rencana pengajaran namun hasil belajar masih belum memenuhi harapan, membuat penulis melakukan penelitian yang berjudul Pengaruh Ekstrakurikuler Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA N 1 Ambarawa. Penelitian yang dilakukan oleh penulis merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yaitu mencari pengaruh (kontribusi) kegiatan ekstrakurikuler Bahasa Jepang terhadap hasil belajar siswa SMA N 1 Ambarawa. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 4, X MIPA 6, X SOS 3, dan X Bahasa yang memiliki hasil belajar Bahasa Jepang dan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Bahasa Jepang. Metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi untuk mengetahui bagaimana kegiatan ekstrakurikuler Bahasa Jepang dilaksanakan, dokumentasi untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan angket untuk mengetahui pendapat siswa mengenai kegiatan ekstrakurikuler Bahasa Jepang. Data yang diperoleh dihitung dengan SPSS versi 17 dan menghasilkan nilai sebesar 0,483, dan dengan N=53 dan taraf signifikansi 5% adalah 0,266 (0,483 ˃ 0,266). Dari hasil pengolahan data didapatkan kontribusi sebesar 23,3%, hal tersebut berarti bahwa kegiatan ekstrakurikuler Bahasa Jepang mempengaruhi hasil belajar Bahasa Jepang siswa SMA N 1 Ambarawa sebesar 23,3%. Faktor terbesar yang mempengaruhi kegiatan ekstrakurikuler Bahasa Jepang yaitu faktor psikologis siswa mengikuti kegiatan untuk menambah wawasan (97,2%). Dari analisis data dapat diartikan bahwa kegiatan ekstrakurikuler Bahasa Jepang memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa SMA N 1 Ambarawa. Faktor terbesar yang mempengaruhi kegiatan ekstrakurikuler Bahasa Jepang yaitu faktor psikologis siswa mengikuti kegiatan untuk menambah wawasan (97,2%).
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ekstrakurikuler, Hasil, Belajar |
Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 22 Jan 2020 14:15 |
Last Modified: | 22 Jan 2020 14:15 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34634 |
Actions (login required)
View Item |