FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR BAHASA JEPANG SISWA KELAS X BAHASA SMA NEGERI 12 SEMARANG


Kholisti Mei Wulan , 2302414015 (2019) FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR BAHASA JEPANG SISWA KELAS X BAHASA SMA NEGERI 12 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR BAHASA JEPANG SISWA KELAS X BAHASA SMA NEGERI 12 SEMARANG]
Preview
PDF (FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR BAHASA JEPANG SISWA KELAS X BAHASA SMA NEGERI 12 SEMARANG) - Published Version
Download (940kB) | Preview

Abstract

Kesulitan belajar merupakan kondisi dalam suatu proses belajar yang ditandai adanya hambatan-hambatan tertentu untuk mencapai hasil belajar. Kesulitan belajar juga dialami oleh siswa di kelas X Bahasa SMA Negeri 12 Semarang. Siswa merasa kesulitan dalam menguasai kosakata dan dalam melakukan percakapan didalam kelas, kesulitan belajar siswa juga terlihat dari sulinya siswa menjawab pertanyaan dari guru. Hal ini menyebabkan prestasi belajar dalam mata pelajaran bahasa Jepang menjadi kurang maksimal, hal ini bisa dilihat nilai rata-rata kelas Bahasa masih di bawah standar ketuntasan minimal. Jika dibiarkan terus menerus akan sangat mengkhawatirkan dimana nantinya bahasa Jepang merupakan mata pelajaran yang diujikan dalam Ujian Nasional (UN). Oleh karena itu, perlu dicari tahu faktor apa yang menyebabkan siswa kesulitan belajar bahasa Jepang. Pendekatan pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif kualitatif dengan sampel penelitian siswa kelas X Bahasa SMA Negeri 12 Semarang. Pengumpulan data penelitian menggunakan angket dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif prosentase dan deskriptif kualitatif. Hasil Faktor internal dari penyebab kesulitan siswa belajar bahasa Jepang yaitu, konsentrasi belajar bahasa Jepang siswa saat sakit sebesar (58,3%) dengan alasan terbanyak yaitu memilih untuk tidur dibandingkan memperhatikan penjelasan dari guru. Kecepatan siswa memahami bahasa Jepang sebesar (58,35%) dengan alasan terbanyak yaitu belum memahami materi dengan baik. Perhatian siswa saat pembelajaran sebesar (56,7%) ditandai dengan malasnya siswa mencatat enjelasan guru dan pengetahuan (upaya menambah pengetahuan diluar kelas) sebesar (44,18%) dengan alasan terbanyak yaitu tidak tertarik mengenai ke-Jepangan. Faktor ekstern dari penyebab kesulitan belajar bahasa Jepang yaitu keadaan ekonomi sebesar (34,17%) dan kelengkapan alat pengajaran sebesar (30,83%) hal ini bisa dilihat dari tidak adanya laboratorium bahasa untuk menunjang pembelajaran bahasa Jepang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Jepang, Faktor Penyebab, Kesulitan Belajar
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 22 Jan 2020 14:32
Last Modified: 22 Jan 2020 14:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34632

Actions (login required)

View Item View Item