Pengaruh Bimbingan Belajar Orang Tua Terhadap Tanggung Jawab Belajar Anak Kelas IV SD Pangudi Luhur Don Bosco.


Astuti, Chatarina. P., 1401901092 (2005) Pengaruh Bimbingan Belajar Orang Tua Terhadap Tanggung Jawab Belajar Anak Kelas IV SD Pangudi Luhur Don Bosco. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Bimbingan Belajar Orang Tua Terhadap Tanggung Jawab Belajar Anak Kelas IV SD Pangudi Luhur Don Bosco.]
Preview
PDF (Pengaruh Bimbingan Belajar Orang Tua Terhadap Tanggung Jawab Belajar Anak Kelas IV SD Pangudi Luhur Don Bosco.) - Updated Version
Download (72kB) | Preview

Abstract

Anak memulai belajar pertama kali ditanamkan oleh orang tuanya sendiri. Sejka kecil dilatih bertanggung jawab dengan memulai tugastugas yang sederhana hingga yang rumit, serta disesuaikan dengan perkembangan fisikmaupun psikisnya. Teladan orang tua serta turut sertanya orang tua menemani anaknya ketika melakukan tugas tersebut akan membesarkan hati, sehingga anak merasa senang dan termotivasi untuk menyelesaikan tugasnya dengan baik. Orang tua yang memperhatikan karakteristik pribadi anak akan memperkecil kegagalan dalam pengambilan keputusan yang patut dan efektif terhadap perubahan baik pengetahuan, pemahaman, keterampilan, dan nilai-nilai sikap. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Adakah Pengaruh Bimbingan Belajar Orang Tua Terhadap Tanggung Jawab Belajar Siswa di SD Pangudi Luhur Don Bosco ? Dengan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh bimbingan belajar orang tua terhadap tanggung jawab belajar anak. Sampel yang digunakan adalah murid kelas IV SD PL Don Bosco Semarang yang berjumlah 45 siswa. Analisa data menggunakan uji regresi linier sederhana. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data yang mendukung keberhasilan dalam mencapai tujuan untuk mendapatkan informasi yang cocok menggunakan angket dan skala psikologi. Untuk mengumpulkan data bimbingan belajar orang tua digunakan angket. Untuk mengumpulkan data tanggung jawab belajar digunakan skala psikologi. Berdasarkan hasil analisa data diperoleh kesimpulan sebagian besar siswa kelas empat SD Don Bosco merasakan tingginya pengaruh bimbingan belajar orang tua mereka untuk tanggung jawab belajar. Jumlah anak yang berpendapat demikian sebesar 32 anak atau 71,11 % dari responden penelitian. Sedangkan tanggung jawab belajar juga tinggi yaitu 31 anak atau sebesar 68,89 % responden penelitian. Bimbingan belajar orang tua berpengaruh terhadap tanggung jawab belajar anak berdasarkan hasil uji F dengan nilai F hitung sebesar 45,891 (p < 0,05). Persamaan regresi yang terbentuk adalah Y = 1,462 + 0,972X. Besarnya sumbangan pengaruh bimbingan belajar orang tua terhadap tanggung jawab belajar anak adalah sebesar 0,516 atau 51,6 %. Hasil penelitian ini merekomendasikan perlunya meningkatkan tanggung jawab belajar anak kelas IV SD Don Bosco Semarang dengan cara orang tua perlu meluangkan waktu untuk mendampingi anak serta memotivasi anak untuk belajar sehingga anak memperoleh hasil yang maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan belajar dari orang tua, tanggung jawab belajar anak.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2011 06:52
Last Modified: 16 Aug 2011 06:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3463

Actions (login required)

View Item View Item