ANALISIS PENGGUNAAN KEIGO DALAM VARIETY SHOW DAI ROKUJYUU NANA-KAI NHK KOUHAKU UTA GASSEN TAHUN 2016


Wisnu Angger Saputro , 2302413056 (2019) ANALISIS PENGGUNAAN KEIGO DALAM VARIETY SHOW DAI ROKUJYUU NANA-KAI NHK KOUHAKU UTA GASSEN TAHUN 2016. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of ANALISIS PENGGUNAAN KEIGO DALAM VARIETY SHOW DAI ROKUJYUU NANA-KAI NHK KOUHAKU UTA GASSEN TAHUN 2016]
Preview
PDF (ANALISIS PENGGUNAAN KEIGO DALAM VARIETY SHOW DAI ROKUJYUU NANA-KAI NHK KOUHAKU UTA GASSEN TAHUN 2016) - Published Version
Download (957kB) | Preview

Abstract

Ragam bahasa hormat bahasa Jepang (keigo) dianggap sangat penting untuk dipelajari oleh pembelajar bahasa Jepang, karena pada saat berbicara dengan dosen atau orang Jepang di dalam kelas atau di luar kelas, orang yang pertama kali bertemu, umur yang lebih tua, menggunakan keigo untuk saling menghormati. Sebagai pembelajar bahasa Jepang, harus mengetahui penggunaan keigo yang digunakan oleh orang Jepang saat ini. Oleh karena itu, untuk mengetahui penggunaan keigo yang digunakan oleh orang Jepang pada saat ini perlu diketahui, diantaranya melalui variety show atau acara televisi Jepang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan ragam bahasa hormat oleh pembawa acara yang selanjutnya akan disingkat menjadi MC (Master of Ceremony) dan bintang tamu yang selanjutnya akan disingkat menjadi GS (Guest Star) dalam variety show Jepang Dai Rokujyuu Nana-kai NHK Kouhaku Uta Gassen tahun 2016 dan ragam bahasa hormat yang banyak digunakan dalam variety show tersebut. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tuturan MC dan GS yang mengandung unsur keigo (sonkeigo, kenjougo, dan teineigo) dalam variety show Jepang Dai Rokujyuu Nana-kai NHK Kouhaku Uta Gassen tahun 2016. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tehnik simak dan catat. Penelitian ini menemukan bahwa dari 61 data tuturan yang digunakan oleh penutur terdapat 168 tuturan yang mengandung unsur keigo, diklasifikasikan menjadi: 48 tuturan sonkeigo, 28 tuturan kenjougo, dan 92 tuturan teineigo. Dari data tersebut dapat diketahui bahwa ragam jenis keigo yang sering digunakan oleh penutur yaitu teinego. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan keigo yang digunakan oleh penutur pembawa acara (MC) digunakan untuk berbicara dengan bintang tamu (GS), memperkenalkan nama bintang tamu (GS), meminta bantuan, meminta maaf kepada orang, menghormati orang lain dengan memperhatikan beberapa aspek seperti umur, kepopuleran, dan prestasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keigo, penggunaan keigo, variety show Jepang
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 22 Jan 2020 14:39
Last Modified: 22 Jan 2020 14:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34629

Actions (login required)

View Item View Item