KORELASI ANTARA KESIAPAN BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XBAHASA SMA NEGERI 1 TUNTANG


Mahfudlotun Ainiah , 2302413027 (2019) KORELASI ANTARA KESIAPAN BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XBAHASA SMA NEGERI 1 TUNTANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KORELASI ANTARA KESIAPAN BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XBAHASA SMA NEGERI 1 TUNTANG]
Preview
PDF (KORELASI ANTARA KESIAPAN BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XBAHASA SMA NEGERI 1 TUNTANG) - Published Version
Download (890kB) | Preview

Abstract

Kesiapan belajar merupakan kondisi siap dari siswa untuk merespon segala pertanyaan maupun merespon semua materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. Seorang siswa perlu memiliki kesiapan belajar yang baik agar dirinya siap dalam menjalani kegiatan belajarnya sehingga dapat meningkatkan hasil belajarnya. Berdasarkan studi pendahuluan di SMA N 1 TUNTANG peneliti menemukan bahwa pada kelas X-Bahasa masih ada beberapa siswa memiliki kesiapan belajar rendah tetapi hasil belajarnya baik. Sebaliknya ada siswa yang memiliki kesiapan belajar baik tetapi hasil belajarnya rendah. Namun ada juga yang seimbang antara kesiapan belajr dan hasil belajarnya. Berdasarkan hal tersebut, maka penulis melakukan penelitian ini bertujuan untuk mencari korelasi antara kesiapan belajar dan hasil belajar siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis deskriptif. Jenis penelitian ini yaitu penelitian korelasi untuk mengukur hubungan kesiapan belajar terhadap hasil belajar bahasa Jepang siswa kelas X-Bahasa SMA N 1 TUNTANG. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X-Bahasa SMA N 1 TUNTANG, sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X-Bahasa SMA N 1 TUNTANG yang berjumlah 31 siswa. Dalam memperoleh data, penelitian ini menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode angket digunakan untuk memperoleh data mengenai kesiapan belajar. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data berupa nilai siswa. Hasil perhitungan korelasi menggunakan Product Moment sebesar 0,375. Hal tersebut menunjukkan ada hubungan kesiapan belajar dengan hasil belajar bahasa Jepang siswa kelas X-Bahasa SMA N 1 TUNTANG. Bebepara faktor yang mempengaruhi kesipan belajar terhadap hasil belajar bahasa Jepang rendah. Antara lain: kurang inisiatif mencari referensi sebelum pelajaran dan malas mempelajari kembali materi bahasa Jepang di luar jam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Korelasi, Kesiapan Belajar, Hasil Belajar
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 22 Jan 2020 14:47
Last Modified: 22 Jan 2020 14:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34626

Actions (login required)

View Item View Item