KORELASI ANTARA KEMAPUAN BUNPOU CHUUKYUU ZENHAN DENGAN HASIL NOURYOKU SHIKEN N4 PADA MATA UJI BUNPOU


Ester Tria Endah Budiarti , 2302413011 (2019) KORELASI ANTARA KEMAPUAN BUNPOU CHUUKYUU ZENHAN DENGAN HASIL NOURYOKU SHIKEN N4 PADA MATA UJI BUNPOU. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KORELASI ANTARA KEMAPUAN BUNPOU CHUUKYUU ZENHAN DENGAN HASIL NOURYOKU SHIKEN N4 PADA MATA UJI BUNPOU]
Preview
PDF (KORELASI ANTARA KEMAPUAN BUNPOU CHUUKYUU ZENHAN DENGAN HASIL NOURYOKU SHIKEN N4 PADA MATA UJI BUNPOU) - Published Version
Download (949kB) | Preview

Abstract

Bunpou (tata bahasa) merupakan tata bahasa dalam bahasa Jepang. Prodi Pendidikan Bahasa Jepang UNNES mengajarkan beberapa tingkatan Bunpou, salah satunya adalah Bunpou Chuukyuu Zenhan. Dalam pembelajaran Bunpou pembelajar diajarkan untuk memahami struktur kalimat dalam bahasa Jepang, pembentukan kalimat dalam bahasa Jepang dan bagaimana membuat kalimat yang baik dan benar. Mata kuliah yang sudah dipelajari tersebut akan diujikan dalam ujian tengah semester (UTS) dan ujian akhir semster (UAS) serta digunakan untuk menunjang Nouryoku Shiken. Dari angket studi pendahuluan yang sudah dibagikan penulis, dari 32 mahasiswa diperoleh data sebanyak 10 mahasiswa sudah pernah mengikuti Nouryoku Shiken level 4 ( N4 ) dan baru sepuluh mahasiswa yang mengikuti Nouryoku Shiken level 3 ( N3 ) serta 2 mahasiswa belum mengikuti Nouryoku Shiken. Dari deskripsi di atas dan hasil angket yang dibagikan, penulis menyimpulkan bahwa bahwa banyak dari mahasiswa yang sudah mengikuti Nouryoku Shiken level 4 ( N4 ). Karena alasan tersebut, penulis ingin meneliti korelasi antara hasil belajar Bunpou Chuukyuu Zenhan dengan hasil Nouryoku Shiken. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif . Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang angkatan 2016 yang sudah mengikuti mata kuliah Bunpou Chuukyuu Zenhan dan sudah mengikuti nouryoku shiken N4. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat korelasi antara kemampuan Bunpou Chuukyuu Zenhan dengan hasil Nouryoku Shiken level 4 pada mata uji Bunpou. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil koefisien korelasi kedua variabel lebih besar dari pada nilai rtabel Product Moment, yaitu 0,7033 lebih besar dari 0,349 pada taraf kesalahan yang ditolerir sebesar 5%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: korelasi, Bunpou Chuukyuu Zenhan, Nouryoku Shiken N4
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 22 Jan 2020 14:50
Last Modified: 22 Jan 2020 14:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34624

Actions (login required)

View Item View Item