Studi Deskriptif Tentang Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar dan Hubungannya dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Pangudi Luhur Bernardus Semarang Tahun Pelajaran 2004/2005.
Susana Herminingsih, 1401901088 (2005) Studi Deskriptif Tentang Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar dan Hubungannya dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Pangudi Luhur Bernardus Semarang Tahun Pelajaran 2004/2005. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Studi Deskriptif Tentang Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar dan Hubungannya dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Pangudi Luhur Bernardus Semarang Tahun Pelajaran 2004/2005.)
- Published Version
Download (63kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini diadakan dengan latar belakang bahwa perpustakaan sekolah mempunyai peranan yang penting dalam penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar dan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui tingkat pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar oleh siswa Sekolah Dasar Pangudi Luhur Bernardus, ingin mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar dan ingin mengetahui hubungan pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar dengan prestasi belajar siswa. Untuk mendapatkan data yang diperlukan dalam penelitian digunakan metode observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini dapat dibedakan dalam dua jenis menurut data yang diperoleh yaitu secara kualitatif dan kuantitatif. Secara kualitatif meliputi kegiatan reduksi data, klasifikasi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Analisa secara kuantitatif menggunakan deskripsi persentase dan korelasi Product Moment dengan metode Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa Sekolah Dasar Pangudi Luhur Bernardus Semarang telah memanfaatkan perpustakaan dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian yaitu pemanfaatan perpustakaan oleh siswa sebagai sumber belajar sebesar 69,4% termasuk dalam katagori baik. Kendala yang dihadapi dalam pemanfaatan perpustakaan yaitu: belum tersedianya tenaga khusus perpustakaan, belum tersedianya ruangan yang memadai untuk perpustakaan, kurangnya koleksi buku pelajaran, dan penataan koleksi kurang sistematis sehingga menyulitkan dalam pencarian buku. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa Sekolah Dasar Pangudi Luhur Bernardus Semarang telah memanfaatkan perpustakaan dengan baik, pemanfaatan perpustakaan masih mengalami kendala-kendala dan pemanfaatan perpustakaan mempunyaaai hubungan yang signifikan dengan prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka diperlukan kesadaran dan perhatian lembaga dan pengelola perpustakaan untuk meningkatkan fasilitas, koleksi dan pelayanan. Diperlukan kesadaran dan perhatian pula oleh siswa untuk meningkatkan pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pemanfaatan, perpustakaan, sumber belajar |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 16 Aug 2011 06:48 |
Last Modified: | 16 Aug 2011 06:49 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3462 |
Actions (login required)
View Item |