PENGEMBANGAN BUKU VARIASI ICE BREAKING UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA PERANCIS SMA KELAS X


Jeng Ayu Setiowati , 2301415036 (2019) PENGEMBANGAN BUKU VARIASI ICE BREAKING UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA PERANCIS SMA KELAS X. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BUKU VARIASI ICE BREAKING UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA PERANCIS SMA KELAS X]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN BUKU VARIASI ICE BREAKING UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA PERANCIS SMA KELAS X) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Bahasa Perancis merupakan salah satu bahasa asing yang diajarkan di Sekolah Menengah Atas. Banyak siswa yang menganggap bahasa Perancis sulit karena pelafalan dan tulisannya sangat berbeda. Di SMA Bahasa Perancis diajarkan selama dua sampai tiga jam pelajaran. Terdapat perbedaan kondisi siswa yang mendapatkan jam pelajaran di pagi hari dan siang hari, ketika jam pelajaran dimulai siang hari siswa Nampak lelah dan mengantuk karena sudah sejak pagi mereka belajar di dalam kelas, terutama bagi sekolah yang menerapkan full day school. Salah satu alternatif yang dapat dikembangkan untuk menarik minat dan membangkitkan konsentrasi siswa di dalam kelas yaitu penggunaan berbagai macam ice breaking. Ice breaking menciptakan suasana belajar yang serius tetapi menyenangkan dan santai, selain itu ice breaking dapat diterapkan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran serta dapat disesuaikan dengan materi yang sedang dipelajari. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana kebutuhan guru dan siswa terhadap pengembangan buku variasi ice breaking dan bagaimana bentuk dari pengembangan buku variasi ice breaking untuk pembelajaran Bahasa Perancis SMA kelas X. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan guru Bahasa Perancis dan siswa SMA kelas X terhadap pengembangan buku variasi ice breaking untuk pembelajaran Bahasa Perancis SMA kelas X dan menghasilkan produk berupa buku yang berisi variasi ice breaking untuk pembelajaran Bahasa Perancis SMA kelas X. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D), yang mengadopsi lima langkah penelitian, yaitu: merumuskan potensi dan masalah, mengumpulkan data, membuat desain produk, validasi, dan revisi desain. Hasil penelitian ini adalah produk berupa buku yang berisi 16 variasi ice breaking yang sudah disesuaikan dengan materi pelajaran Bahasa Perancis SMA kelas X. Produk ini disusun berdasarkan 8 tindak tutur Bahasa Perancis untuk SMA kelas X. Terdapat tujuh jenis ice breaking yang dikembangkan dalam produk ini, yaitu: yel-yel, tepuk tangan, lagu, gerak badan, games, cerita/dongeng, audio visual. Setiap kegiatan ice breaking disertai ilustrasi gambar yang mendukung visualisasi kegiatan. Kemudian pada tahap akhir, rancangan desain tersebut dikonsultasikan pada dosen ahli bahasa Perancis untuk mengetahui kekurangannya. Setelah melakukan revisi sesuai saran ahli, rancangan ini juga divalidasi oleh dosen ahli bahasa Perancis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku, games, ice breaking, kelas X, pembelajaran bahasa Perancis
Subjects: P Language and Literature > PDA French Languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 22 Jan 2020 15:05
Last Modified: 22 Jan 2020 15:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34618

Actions (login required)

View Item View Item