PENGARUH KEDISIPLINAN DAN PERHATIAN ORANGTUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DABIN PANGERAN DIPONEGORO KECAMATAN TALANG KABUPATEN TEGAL


Ernawati , 1401415204 (2019) PENGARUH KEDISIPLINAN DAN PERHATIAN ORANGTUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DABIN PANGERAN DIPONEGORO KECAMATAN TALANG KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KEDISIPLINAN DAN PERHATIAN ORANGTUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DABIN PANGERAN DIPONEGORO KECAMATAN TALANG KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (PENGARUH KEDISIPLINAN DAN PERHATIAN ORANGTUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DABIN PANGERAN DIPONEGORO KECAMATAN TALANG KABUPATEN TEGAL) - Published Version
Download (934kB) | Preview

Abstract

Hasil Belajar merupakan hasil yang diperoleh siswa sebagai hasil dari kegiatan belajar. Ada dua faktor yang memengaruhi Hasil Belajar siswa, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam diri siswa salah satunya adalah Kedisiplinan siswa. Faktor lain yang memengaruhi hasil belajar adalah perhatian orangtua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan dan parhatian orangtua terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V Dabin Pangeran Diponegoro Kecamatan Talang Kabupaten Tegal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Dabin Pangeran Diponegoro Kecamatan Talang Kabupaten Tegal, sebanyak 263 siswa. Sampel penelitian sebanyak 159 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan jenis proportionate stratified random sampling. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ex post facto dengan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Analisis deskriptif digunakan untuk memberikan gambaran mengenai data masing-masing variabel. Uji prasyarat yang digunakan meliputi uji normalitas, linieritas, multikolinieritas, heteroskedastisitas, dan autokorelasi. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t satu sampel, analisis korelasi sederhana, regresi sederhana, korelasi berganda, regresi berganda, koefisien determinan, dan uji F. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan kedisiplinan terhadap hasil belajar matematika dengan sumbangan pengaruh variabel kedisiplinan dan hasil belajar sebesar 14,8%. (2) terdapat pengaruh yang signifikan perhatian orangtua terhadap hasil belajar matematika dengan sumbangan pengaruh variabel kedisiplinan dan hasil belajar sebesar 33,4%. (3) terdapat pengaruh yang signifikan kedisiplinan dan perhatian orangtua secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika dengan sumbangan pengaruh varibel kedisiplinan dan perhatian orangtua secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa sebesar 36,0%, . Disimpulkan bahwa: kedisiplinan dan perhatian orangtua berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V Dabin Pangeran Diponegoro Kecamatan Talang Kabupaten Tegal. Berdasarkan hasil penelitian, maka semua pihak baik guru maupun orangtua hendaknya memerhatikan dan meningkatkan kedisiplinan dan perhatian orangtua, sehingga dapat mencapai hasil belajar yang lebih optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Kedisiplinan; Perhatian Orangtua.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 20 Jan 2020 20:44
Last Modified: 20 Jan 2020 20:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34615

Actions (login required)

View Item View Item