PENGARUH KETERSEDIAN LAPANGAN OLAHRAGA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS DR. WAHIDIN SOEDIRO HOESODO KECAMATAN SLAWI


Ryan Agung Prasetyo , 1401415198 (2019) PENGARUH KETERSEDIAN LAPANGAN OLAHRAGA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS DR. WAHIDIN SOEDIRO HOESODO KECAMATAN SLAWI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KETERSEDIAN LAPANGAN OLAHRAGA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS DR. WAHIDIN SOEDIRO HOESODO KECAMATAN SLAWI]
Preview
PDF (PENGARUH KETERSEDIAN LAPANGAN OLAHRAGA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS DR. WAHIDIN SOEDIRO HOESODO KECAMATAN SLAWI) - Published Version
Download (972kB) | Preview

Abstract

Dalam kegiatan belajar, motivasi merupakan daya penggerak yang menjamin terjadinya kelangsungan kegiatan belajar dan memberikan arah pada kegiatan belajar sehingga tujuan yang diinginkan dapat terpenuhi. Ketercapaian tujuan pelajaran dapat dilihat dari hasil belajar siswa, ketika guru memberikan evaluasi setelah pembelajaran selesai. Faktor yang memengaruhi motivasi dan hasil belajar ada dua yaitu, faktor dari dalam dan faktor dari luar. Salah satu faktor dari luar yaitu ketersediaan sarana dan prasarana sekolah. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ketersediaan lapangan olahraga terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Gugus DR. Wahidin Soediro Hoesodo Kecamatan Slawi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Responden dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Gugus DR. Wahidin Soediro Hoesodo Kecamatan Slawi dengan jumlah populasi sebanyak 305 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Probality Sampling dengan jenis sampling Simple Random Sampling. Pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 5%, sehingga untuk sampel penelitian sejumlah 173 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, angket, dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis dalam penelitian ini meliputi uji normalitas dan uji linieritas. Analisis akhir dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana, analisis korelasi sederhana, analisis determinasi, dan uji T. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Ada pengaruh antara ketersediaan lapangan olahraga dengan motivasi belajar penjasorkes siswa kelas V SD Negeri Gugus DR. Wahidin Soediro Hoesodo Kecamatan Slawi dengan thitung > ttabel (3,12 > 1,98) dan persentase 5,4%; (2) Ada pengaruh antara ketersediaan lapangan olahraga dengan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Gugus DR. Wahidin Soediro Hoesodo Kecamatan Slawi thitung > ttabel (2,64 > 1,98), dan persentase 3,9%; (3) Ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar penjasorkes pada siswa kelas V SD Negeri Gugus DR. Wahidin Soediro Hoesodo Kecamatan Slawi thitung > ttabel (5,56 > 1,98). Pada korelasi antara dua variabel Y yaitu motivasi belajar dan hasil belajar siswa, didapat angka 0,368 yang berarti nilai tersebut berada pada rentang 0,20 – 0,399, menunjukan bahwa hubungan antara motivasi belajar dan hasil siswa termasuk dalam kategori rendah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Ketersediaan Lapangan Olahraga.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 20 Jan 2020 20:40
Last Modified: 20 Jan 2020 20:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34613

Actions (login required)

View Item View Item